Tewaskan 34 Orang, Kronologis  Ledakan Kapal Selam di California Terungkap

Share this :

Los Angeles, koranmemo.com- Awak kapal selam yang terbakar dan tenggelam di pantai California menceritakan kisah mengerikan tentang upaya gagal mereka dalam menyelamatkan 34 orang yang terperangkap di bawah geladak di kamar tidur yang sudah dilalap api.

Lima anggota kru yang selamat dari peristiwa tersebut berada di atas geladak ketika kobaran api ditemukan. Mereka mengatakan api yang besar menghalangi mereka untuk menuruni tangga sempit ke kamar tidur.Kapal sepanjang 75 kaki (23 meter) itu terbakar sekitar pukul 3.15 pagi waktu setempat (10:15 GMT) pada hari Senin (2/9) ketika berlabuh di Pulau Santa Cruz, menewaskan 33 penumpang dan seorang awak.

Penyelam pada hari Kamis (5/9) masih mencari sisa-sisa korban dari tragedi tersebut. Sedang para ahli forensik menggunakan alat analisis DNA yang biasanya digunakan di zona perang untuk mengidentifikasi 33 mayat yang hangus.

Menurut Homendy, anggota Dewan Keselamatan Transportasi Nasional bahwa seorang anggota kru kapal yang selamat mengatakan mendengar suara dari tempat tidurnya di dek ruang kemudi kapal dan melihat nyala api meletus dari dapur,  seraya menambahkan bahwa dia memberi tahu para penyelidik bahwa dia tidak pernah mendengar alarm asap.Dilansir CNA, Homedy menambahkan jika anggota kru yang panik melompat dari jembatan ke dek utama, dan salah satunya patah kaki

“Karena panas, nyala api, dan asap, para kru harus melompat dari kapal,” katanya, seraya menambahkan bahwa dua orang yang selamat tersebut berenang ke perahu karet di bagian belakang kapal dan menyelamatkan sisa orang yang selamat.

Penerjemah: Chantika Rahmi

Editor Achmad Saichu