Tertipu Jutaan Rupiah, Tergiur Harga Murah Situs Jual Beli Online

Kediri, Koran Memo – Apes dialami Sri Wahyuni (35) warga Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto. Karena tergiur ingin membeli mukena dengan harga murah disebuah situs jual beli online, Sri diduga menjadi korban penipuan. Akibat kejadian tersebut korban (Sri Wahyuni) mengalami kerugian mencapai Rp 1,6 juta.

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengungkapkan peristiwa ini terjadi pada Jumat (26/6) lalu. Saat itu Sri melihat kontak BBM atas nama Ganisha Beauty Shop di Blackberry miliknya, yang menawarkan berbagai jenis mukena dengan harga murah.

Setelah melihat-lihat, Sri tertarik untuk membeli mukena yang dijual secara online tersebut. Tidak hanya satu, Sri langsug memesan barang sebanyak 23 buah mukena. Total harga keseluruhan yang harus dibayar Sri untuk pesanan tersebut sebesar Rp 1,6 juta.

Sebagai uang muka Sri mentranfer uang sebesar Rp 1.010.000 ke rekening atas nama Yana Abdul Gani. Esok harinya Sri kembali mentranfer sejumlah uang ke rekening yang sama sebesar Rp 669.000. Pihak online shop mengaku akan mengantarkan barang tersebut dan segera sampai tujuan.

“Berdasarkan perjanjian barang tersebut akan sampai pada Rabu (1/7) lalu,” terang Anwar.

Namun sampai hari kemarin, pesanan paket mukena tersebut belum juga sampai ditujuannya. Sri merasa menjadi korban penipuan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Kediri Kota. Akibat kejadian tersebut Sri mengalami kerugian mencapai Rp 1,6 juta.

Anwar menambahkan Satreskrim Polres Kediri Kota telah menerima laporan tersebut. Petugas telah melakukan pemeriksaan terhadap Sri Wahyuni terkait kasus penipuan yang dialaminya. Petugas mengamankan bukti tranferan uang yang dilakukan Sri sebagai barang bukti.

Lebih lanjut Anwar menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh situs jual beli online. Tapi masyarakat harus memastikan dulu apakah situs online tersebut bukan merupakan situs abal-abal. Sehingga tidak akan ada lagi korban penipuan melalui bisnis online.

“Jangan hanya tergiur harga murah, namun kenyataannya malah menjadi korban penipuan,”tegas Anwar. (c5)

Follow Untuk Berita Up to Date