Tersesat, Seorang Pendaki Tewas

Share this :

Lumajang, koranmemo.com – Seorang pendaki dilaporkan meninggal dunia di jalur pendakian lama yakni disekitar jalur Tawon Songo,  Pasrujambe.  Korban atas nama Saidi (20) warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

“Ia benar mas,  kami mendapatkan informasi ada pendaki meninggal dunia di jalur pandakian lama, Tawon Songo, sekarang masih dilakukan evakuasi,” ujar  Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Kantor BPBD Lumajang, Wawan Hadi SH, M.Sc. Jumat (5/10/2018).Wawan menuturkan,  korban berangkat bersama temannya Affan Abdullah tanggal 24 September 2018 mereka berangkat dari Malang menuju Pasrujambe, Lumajang dengan naik pikap.

Setiba di Pasrujambe di tempat pengambilan pasir dan beristirahat sejenak, setelah itu dilanjut lagi naik pikap menuju Tawon Songo.

“Sekitar pukul 10.00 Wib mereka berdua memulai melakukan kegiatan pendakian lewat jalur evakuasi pasrujambe dengan membawa peralatan senter, tenda, sleeping bag, bahan makanan, pakaian, dan solar,” katanya.

Namun di lokasi jalur evakuasi, kedua pendaki tersebut tersesat. Karena tersesat di tengah perjalanan, Syaidin mengambil inisiatif memanjat pohon untuk mencari arah. Saat memanjat pohon malahan dia terjatuh  dan meninggal di lokasi kejadian.Teman korban Affan Abdullah kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Tawon Songo untuk meminta bantuan. Setelah beberapa hari pejalanan, hari Kamis tanggal 4 Oktober 2018 sekitar jam 17.00 wib korban bisa sampai ke Tawon Songo dan mengabarkan bawa temannnya sudah meninggal.

“Saat ini tim gabungan sedang melakukan evakuasi untuk dibawa ke rumah sakit umum Hariyoto Lumajang untuk di visum,” ujarnya.

Reporter Abd Halim
Editor Achmad Saichu