Tersangka Baru Kasus Korupsi PDAU

Sidoarjo, koranmemo.com – Setelah menjalani pemeriksaan di ruang Kasie Intel Kejari Sidoarjo, Yuli seorang warga Malang ditetapkan sebagai tersangka terkait kebocoran pengelolaan keuangan di Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). Yuli ditahan di Lapas Kelas llA Delta Sidoarjo, Kamis (20/7).

Kajari Sidoarjo H. Sunarto SH. MH, menjelaskan, peran Yuli yakni membuat laporan keuangan dalam setiap tahun di PD Aneka Usaha, ada dugaan kuat dimanipulasi.

“Perannya sebagai accounting yakni membuat Laporan tahunan di PDAU, namun sejauh ini laporannya jauh berbeda dengan kenyataan kondisi keuangan di PD Aneka Usaha seolah – olah tidak ada penyimpangan keuangan,” tegasnya.

Dikatakan, laporan yang dibuat selama ini hanya untuk menutupi kebobrokam pengelolaan keuangan yakni untuk menutupi utang, setoran hingga pendapatan di perusahaan plat merah milik Kabupaten Sidoarjo tersebut.

Yuli, lanjut Kajari, digaji oleh PDAU yang tugasnya sebagai pekerja akuntan independen yang didatangkan dari Malang guna membuat laporan keuangan di perusahaan PDAU. “Dia seorang di luar perusahaan PDAU,” ujarnya.

Selain itu, imbuh mantan kajari Jombang tersebut, akan mendalami peran aktif Yuli selama ini dan menyelediki kemungkinan siapa lagi yang akan terlibat di dalamnya.

Dengan ditahannya Yuli, berarti menambah jumlah tersangka menjadi 5 orang yang telah ditetapkan Korp Adhyaksa dalam kasus dugaaan penyelewengan keuangan PD Aneka Usaha.

Sebelumnya, Direktur PD Aneka Usaha Amral Soegianto ditahan bersama Siti Winarni Bendahara sekaligus Kepala Unit Delta Gas dan Imam Junaidi Kepala Unit Delta Grafika.

H. Khoirul Huda Ketua Pansus PDAU (perubahan PD menjadi PT) dari DPRD Sidoarjo juga ditahan karena ada bukti aliran dana mengalir kepadanya dari PDAU senilai Rp 75 juta.

Tim Kejari Sidoarjo menyidik kasus pengelolaan keuangan PDAU tahun 2010 – 2016 yang diduga ada penyelewengan atau dugaan korupsi di unit usaha di PD Aneka Usaha. Seperti unit usaha Delta Gas (pengelolaan gas), Delta Grafika (percetakan) dan Delta Properti (pengelolaan dan penyewaan aset Pemkab Sidoarjo).

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.