Terpilih Bersama 20 Negara, Mas Ipin Bawa Isu Soal Keperempuanan di IVLP Amerika

Trenggalek, koranmemo.com – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjadi satu-satunya Kepala Daerah di Asia yang dipilih dalam program Internasional Visiter Leadership Progame (IVLP) di United States Of Amerika (USA). Mas Ipin terpilih bersama 20 perwakilan lainnya dari 20 negara di seluruh dunia. Di Negeri Paman Sam itu Mas Ipin akan membawa isu-isu mengenai keperempuanan.

Mas Ipin menyebut, konsentrasi program yang akan dibahas adalah menyoal Women and Impowerment. “Fokusnya bagaimana melibatkan perempuan di bidang ekonomi, kredit murah kepada pelaku ekonomi khususnya perempuan, perempuan dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan, mendorong kebijakan yang lebih inklusif. Pokoknya isu keperempuanan,” kata Mas Ipin.Isu soal perempuan memang menjadi salah satu konsentrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek. Komitmen untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan kelompok rentan ini diantaranya adalah dengan terselenggaranya Musyawarah perempuan, disabilitas dan kelompok rentan (Musrena Keren). “Kami ingin suara semua (masyarakat) terwadahi,” ujarnya.

Pemkab Trenggalek telah menelurkan produk hukum tentang Musrena Keren melalui Peraturan Bupati (Perbub) nomor 1 tahun 2019. Mas Ipin ingin mereka memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam menentukan arah pembangunan daerah. “Kami ingin mereka juga (bisa) berkontribusi dalam pembangunan daerah,” jelasnya.

Mas Ipin menyebut program yang hanya diikuti 20 peserta dari 20 negara di seluruh dunia itu rencananya bakal berlangsung di empat negara bagian Amerika sehingga diakui membutuhkan waktu cukup lama. Mas Ipin berangkat pada Minggu (8/9). “Kurang lebihnya 20 hari disana. Baik surat dari Mendagri dan Ibu Gubernur sudah turun semua. Kegiatan ini semua dibiayai Pemerintah Amerika,” pungkasnya.(Adv)

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date