Terkendala Sinyal, PPDB Wilayah Pegunungan Masih Manual

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun ajaran 2020/2021 bakal dibuka pada Juni 2020. Pendaftarannya, akan dilakukan secara online dan offline. Pasalnya, koneksi internet belum sepenuhnya menjangkau seluruh wilayah Trenggalek sehingga pendaftarannya masih dilakukan secara manual.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Trenggalek, Totok Rudijanto menyebut, tahapan pelaksanaan PPDB sudah dibuat, tinggal menunggu pelaksanaannya. “Pelaksanaan PPDB di masa pandemi saat ini akan dilakukan secara online untuk tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SD disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Bisa offline (untuk sekolah yang jaringan internet kurang memadai) maupun online tergantung kondisinya,” jelasnya.

Menurut Totok, regulasi pendaftaran secara online telah dibuatkan. Namun karena tidak semua wilayah di Trenggalek bisa menjalankan sistem online, jadi sebagian sekolah akan menerapkan sistem offline. “Untuk PPDB SMP murni kita laksanakan secara online. Namun untuk SD, sebagian masih dilakukan secara offline atau manual dengan mendatangi sekolah. Namun kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku,” imbuhnya.

Sesuai jadwal, pendaftaran PPDB Online untuk tingkat SD dibuka tanggal 22-30 Juni 2020. Sementara untuk PPDB Online tingkat SMP dilaksanakan pada 22-26 Juni 2020. Ada empat jalur dalam pelaksanaan PPDB SD/SMP kali ini. Yaitu, jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi atau siswa kurang mampu dan jalur pindah tugas orang tua.

Persentase kuota yang dibutuhkan tiap jalur berbeda-beda. Kuota paling banyak dari jalur zonasi yaitu 65 persen, lalu jalur afirmasi 15 persen, jalur prestasi 15 persen, dan jalur pindah tugas orang tua 5 persen.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu