Terkatung-katung 12 Hari, Jenazah TKW Tiba di Rumah Duka

Jombang, Koran Memo – Jenazah Tenaga Kerja Wanita, Ana Oktavia (20) asal Dusun Sumberbendo Desa / Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang, yang meninggal dunia di Malaysia pada Rabu (8/4) lalu, akhirnya tiba di rumah duka, Senin (20/4) dini hari. Jenazah terkatung-katung selama 12 hari lantaran harus mengurus administrasi. Setibanya, jenazah dimakamkan Senin pagi di pemakaman desa setempat.

foto semasa hidup Ana Oktavia (ist)
foto semasa hidup Ana Oktavia (ist)

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jombang, Heru Widjajanto, membenarkan jika jenazah Ana tiba Senin (20/4) dini hari. ”Ana diketahui meninggal Rabu (8/4) di salah satu rumah sakit Malaysia, dan Jenazah baru tiba di rumah duka Senin (20/04) dini hari. Keluarga memutuskan segera memakamkan jenazahnya Senin pagi,’kata Heru.

Heru menjelaskan, pemulangan jenazah Ana sebetulnya tidak ada masalah. Keterlambatan yang terjadi hanya soal administratif di Konjen Malaysia. Yakni, surat yang dikirim ke Kedubes Malaysia yang harus menunggu lagi di Konjen wilayah Kuching. “Keterlambatan hanya masalah administrasi, dimana harus menunggu turunnya surat yang sudah dilengkapi oleh pihak keluarga dan PJTKI yang dikirim sejak kabar meninggalnya almarhumah,”imbuh Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan, Ana oktavia adalah tenaga kerja wanita (TKW) yang legal saat bekerja di Malaysia. Sehingga tidak ada permasalahan yang berarti disana. “Ana sebagai TKW legal. Sehingga tidak ada hal sulit yang harus dilalui saat proses pemulangan jenazahnya. Hak-hak Ana juga sudah diurus, seperti asuransi dimana bulan depan baru bisa dicairkan,”pungkas Heru Widjajanto. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date