Terjunkan Tim Buru Penyebar Kunci UN

Share this :

Jombang, Memo – Persoalan beredarnya lembar fotokopi yang diduga sebagai kunci jawaban ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat untuk mata pelajaran matematika, disikapi serius Kapolres Jombang yang baru, AKBP Agung Marlianto. Mantan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya ini mengaku siap menyelidiki kasus dugaan bocornya soal UN di Kota Santri.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto (agung/memo)
Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto (agung/memo)

Sebagai langkah awal, perwira yang baru sehari menjabat sebagai Kapolres Jombang ini akan menerjunkan tim khusus memburu pelaku penyebar kunci jawaban UN. Selain itu, Kapolres juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, semisal Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dewan Pendidikan (DP). “Kita siap menindaklanjuti rekomendasi dari DP untuk mengusut tuntas kasus ini” ujar Agung usai serah terima jabatan dari Kapolres lama AKBP Sudjarwoko di lapangan Mapolres setempat, Jumat (13/5).

Agung menegaskan, jika dalam penyelidikan ditemukan unsur pidana, maka polisi akan bertindak tegas. Dia menyayangkan adanya oknum yang berupaya mengacaukan UN dengan cara menyebarkan kunci jawaban. Karena hal itu bisa merusak kesucian pendidikan dan  moral anak didik. “Secepat mungkin kita akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengungkap kasus tersebut,” katanya singkat.

Seperti diketahui, UN tingkat SMP hari kedua di Jombang, Selasa (10/5) lalu diwarnai beredarnya lembar fotokopi diduga kunci jawaban mata pelajaran matematika. Salah satunya kalangan pelajar SMP Negeri 4 Jombang. Sebelum memasuki sekolah, para peserta UN antri di tempat fotokopi untuk menggandakan lembaran diduga kunci jawaban UN mata pelajaran matematika.

Permasalahan itu kemudian ditindaklanjuti oleh Dewan Pendidikan (DP) Jombang. Diantaranya, mengumpulkan keterangan serta barang bukti. Bahkan DP juga melakukan pencocokan antara soal dengan kunci jawaban yang digandakan para pelajar tersebut. Hasilnya, DP memastikan bahwa UN tingkat SMP terjadi kebocoran. Karena kode soal UN dengan kode kunci jawaban sama persis. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date