Terima Sebagian Surat Suara Pemilu 2019, Ketua KPU Kota Kediri: Tidak Bisa Memastikan 

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Surat suara untuk Pemilu 2019 sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri dari tempat percetakan PT Temprina Media Grafika, Kamis (7/2).  Puluhan ribu surat suara yang sudah datang itu baru sebagian lantaran sisanya belum selesai dicetak sehingga diperkirakan dalam waktu dekat akan mulai berdatangan.

Surat suara yang datang ke KPU Kota Kediri, Kamis (7/2) tidak bersamaan. Pertama sejumlah 129 kardus untuk surat suara DPRD Kota Kediri daerah pilihan (dapil) satu, dan 157 kardus untuk surat suara DPRD Kota Kediri dapil tiga datang sekitar pukul 13.00 WIB. Tahap kedua datang sekitar pukul 17.00 WIB, yang berisikan  63.267 lembar surat suara untuk DPRD Kota Kediri dapil dua, dan surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur masing-masing sejumlah 205.887 lembar.

“Dalam satu kardus berisi 500 surat suara. Pengiriman nanti secara bertahap menyesuaikan surat suara yang sudah selesai tercetak di tempat percetakan,” kata Agus Rofiq Ketua KPU Kota Kediri, Kamis (7/2).

Ditambahkan, surat suara DPRD Kota Kediri dapil satu yang diterima sejumlah 64.462 lembar tersebut masih kurang 171 lembar. Surat suara DPRD Kota Kediri dapil tiga sejumlah 78.169 lembar yang sudah diterima masih kurang 187 lembar yang belum dikirim, dan dapil dua yang belum diterima sejumlah 172 lembar.

Selain itu, untuk surat suara Pilihan Presiden (Pilpres) belum diterima oleh KPU Kota Kediri. Agus Rofiq mengaku, belum mengetahui kapan surat suara tersebut datang ke KPU. “Kita tidak bisa pastikan kapan, kita akan terus berkoordinasi dengan percetakan,” jelasnya.

Sementara, untuk surat suara yang sudah diterima akan disimpan terlebih dahulu di ruangan KPU Kota Kediri sambil menunggu surat suara lainnya untuk dilakukan sortir dan pelipatan.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date