Terekam CCTV, Residivis Pencuri Bawang Putih Dibekuk

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Demi memenuhi kehidupan glamor, Wawan Yunianto (23) warga Kelurahan Nglegok Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar nekat mencuri tiga karung bawang putih, Minggu (14/7). Padahal pemuda ini baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Blitar beberapa bulan lalu dengan kasus mencuri gabah.

Informasi yang dihimpun, tersangka mencuri bawang putih milik Irwan Rohadi (39) warga Desa Kalipucung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, Minggu (14/7) sekitar pukul 04.30 WIB. Puluhan karung berisi bawang putih jenis Sincu berat 25 kilogram terletak di atas mobil miliknya yang diletakkan di tempat pakir rumah.

Tersangka yang melihat situasi itu langsung melancarkan aksinya dengan membawa 3 karung berisi bawang putih. Apes, tersangka tidak mengetahui jika terdapat CCTV di depan rumah korban. “Tidak tahu kalau ada CCTV nya,” kata tersangka saat rilis di Mapolres Blitar Kota, Rabu (17/6).

Tersangka yang setiap hari bekerja sebagai pengepul buah – buahan mengetahui jika bawang putih sedang mahal. Rencananya, tiga karung bawang putih itu akan dijual seharga Rp 1.500.000. “Uangnya buat ke kafe senang – senang sama teman – teman,” katanya.

Kasubbag Humas Polres Blitar Kota, IPDA Dodit Prasetyo mengatakan, pencurian bawang putih pertama kali diketahui oleh Datik kakak kandung korban. Saksi langsung membangunkan korban yang masih tidur di dalam rumah.

“Adapun saksi sebelum membangunkan korban sudah merasa curiga dengan keberadaan kursi plastik warna merah yang sebelumnya ditaruh depan pintu rumah sebelah barat berpindah tempat saat itu diketahui ditaruh di dalam pagar rumah sebelah timur,” ujarnya.

Kemudian setelah korban terbangun lalu oleh saksi disuruh mengecek tumpukan bawang yang ditaruh depan teras rumah dan setelah dicek memang benar ada 3 buah karung bawang putih jenis Sincu yg ditaruh ditumpukkan karung bawang lainnya hilang.

“Untuk memastikan lagi korban mengecek rekaman kamera CCTV rumahnya kemudian setelah dicek rekaman CCTV tersebut benar adanya terjadi tindak pidana pencurian dirumah korban berikut wajah dan cara pelaku juga terekam dalam kamera CCTV rumah korban,” jelas Kasubbag Humas.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu