Temukan SIUP-TDP Palsu

Kediri, Koran Memo – Kantor Badan Penanaman Modal-Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPM-PPTSP) menemukan peredaran SIUP-TDP palsu. Penemuan tersebut berawal dari seorang pemohon yang akan memperbaharui izin ke kantor BPM-PPTSP minggu lalu. Setelah diteliti oleh petugas dokumen yang dibawa pemohon ternyata palsu.

Kabag Humas Pemkab Kediri menunjukkan SIUP-TDP palsu (bakti/memo)
Kabag Humas Pemkab Kediri menunjukkan SIUP-TDP palsu (bakti/memo)

Sebelumnya pemohon ini tidak mengurus izin SIUP-TDP secara langsung dan justru melalui calo. Melalui calo tersebut pemohon mengatakan kalau mengurus izin SIUP-TDP menghabiskan biaya sebesar Rp 3 juta. Padahal dalam mengurus izin di kantor BPM-PPSTP gratis.

Adapun surat izin SIUP TDP yang dipalsu tersebut di kanan atas tidak tercantum logo Pemkab Kediri. Sedangkan yang asli logo Pemkab Kediri jelas terlihat dan lengkap. SIUP-TDP palsu tersebut kualitas kertasnya juga kurang bagus dan berbeda dengan aslinya yang kualitas kertasnya lebih tebal.

Haris Setyawan, Kabag Humas Pemkab Kediri membenarkan pihaknya mengamankan surat izin SIUP-TDP palsu. Saat ini pihaknya berkoordinasi dengan Kantor BPM-PPSTP untuk mengungkap siapa pemalsu SIUP-TDP ini hingga merugikan pemohon.

“Saat ini kami masih berkoordinasi menyelidiki terkait siapa pelaku pemalsuan ini. Sampai sejauh ini penyelidikan masih berlangsung dan belum koordinasi ke polisi. Untuk pemohon sejauh ini masih kooperatif dengan kantor BPM –PPSTP dengan harapan kasus ini bisa terungkap dengan jelas,” katanya.

Haris menambahkan,hendaknya kepada warga yang ingin mengurus izin tidak langsung ke calo namun bisa mengurus sendiri ke kantor BPM-PPSTP untuk koordinasi soal persyaratan yang ada.Hal ini dimaksudkan pemohon tidak dirugikan secara moril ataupun materiil.(bak)

Follow Untuk Berita Up to Date