Temukan Situs Kuno Mirip Kolam

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Warga Desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro menemukan situs kuno di lahan bekas tambang pasir dan batu (sirtu) seluas 1 hektare yang sedang dalam proses reklamasi. Warga setempat mempercayai bangunan berupa susunan batu bata mirip kolam itu bekas kedaton.

Pengamatan di lokasi, struktur yang ditemukan berupa tumpukan bata merah yang tersusun memanjang dengan tinggi sekitar satu meter menyerupai tembok. Karakter bata merah yang berukuran besar, mirip dengan struktur pada candi peninggalan zaman Majapahit.

“Bentuk bangunan ini kelihatannya seperti kolam dari bata merah. Warga juga menemukan gentong-gentong dan uang logam kuno,” kata Kepala Desa Sugihwaras, Veri Mulyatno kepada wartawan, Sabtu (31/12).

Veri menuturkan, berdasarkan cerita turun-temurun yang dipercaya warga setempat, di lokasi penemuan situs kuno itu dipercaya sebagai Kedaton. Namun, dia mengakui belum ada bukti kuat yang mendukung cerita tersebut. “Cerita orang dahulu ini tempat pemandian para bidadari yang disebut Kedaton.┬áSementara ini belum ada temuan prasasti, kan belum semua digali,” paparnya.

Untuk mengungkap kebenaran sejarah ini, Veri mengaku telah melapor ke Pemerintah Kabupaten Jombang dan rencananya diterusan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. “Sudah kami laporkan ke kabupaten (pemkab), rencana akan dilaporkan ke BPCB,” ujarnya.

Sayangnya, pasca penemuan situs terlihat belum ada pengamanan khusus di lokasi sehingga warga yang datang karena penasaran, bebas beraktivitas di sekitar lokasi. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date