Temukan Puluhan Korek Dalam Sel

Share this :

Kediri, Koran Memo – Tim gabungan Polres Kediri Kota, Polres Kediri, BNN Kota Kediri, BNN Kediri, dan TNI melakukan razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II A Kediri, Selasa (29/3). Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi presiden mengenai darurat narkoba. Hasilnya petugas mengamankan puluhan korek dan beberapa barang yang tak boleh di bawa ke dalam lapas.

Tim gabungan melakan penggeledahan di kamar para tahanan Lapas II A Kediri (yudha/memo)
Tim gabungan melakan penggeledahan di kamar para tahanan Lapas II A Kediri (yudha/memo)

“Hasil razia tadi kita tidak menemukan adanya narkoba yang diselundupkan ke dalam lapas. Kita hanya menemukan puluhan korek dan beberapa barang yang seharusnya tidak boleh ada di dalam kamar,” ungkap Kapolres Kediri Kota AKBP Bambang W Baiin saat dikonfirmasi seusai razia kemarin.

AKBP Bambang menegaskan razia ini dilakukan atas dasar instruksi presiden mengenai gawat narkoba di Indonesia. Selain melakukan razia di berbagai tempat hiburan malam, petugas kepolisian juga melakukan razia di tempat yang berpotensi sebagai lokasi peredaran narkoba, salah satunya lembaga pemasyarakatan.

Sebanyak 200 anggota gabungan dikerahkan dalam razia tersebut. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan penggeledahan di lima blok lapas. Dengan teliti petugas mengecek setiap kamar para tahanan dan narapidana.

Petugas kepolisian memiliki atensi khusus saat melakukan penggeledahan di blok B. Petugas diminta secara teliti mengecek setiap sudut dan lokasi yang mungkin digunakan sebagai tempat menaruh narkoba. Pasalnya blok tersebut digunakan sebagai tempat tahanan para pengedar narkoba.

Tak luput petugas juga melakukan penggeledahan di kamar tahanan perempuan. Namun dalam razia yang dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB tersebut petugas tidak menemukan narkoba di dalam lapas. Petugas hanya menemukan beberapa barang yang seharusnya tidak boleh ada di dalam kamar. Seperti korek api, cambuk, jarum, ikat pinggang, dan beberapa barang lainnya.

Mengenai hal tersebut Kepala Lapas II A Kediri, Hardian Eko melalui Kasi Binadik Agus Wahono mengungkapkan petugas akan menyita barang tersebut. Selanjutnya pihak keamanan lapas akan melakukan penggeledahan secara berkala agar tidak ada barang berbahaya di kamar tahanan. “Kita sudah lakukan penggeledahan secara berkala tapi masih saja ada barang yang bisa terselip,” ungkap Agus. (ram)