Temukan 3 Kasus Suspek Difteri di Kota Blitar

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Sepanjang tahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar menemukan tiga kasus suspek difteri. Namun mereka terus terjun ke sekolah – sekolah agar tidak bertambah lagi anak yang terjangkit penyakit tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, Dinkes Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran waspada difteri. Hal itu dilakukan setelah kasus difteri yang menjangkit beberapa siswa di Kota Malang.

“Pasca temuan kasus difteri di Kota Malang, Dinkes Provinsi Jatim mengeluarkan surat edaran agar semua daerah waspada. Dinkes daerah diminta untuk memantau penularan difteri di wilayahnya,” ujarnya, Rabu (30/10).

Didik menambahkan, Dinkes Kota Blitar kemudian terjun ke sekolah – sekolah guna melakukan pemantauan penularan penyakit tersebut. Hasilnya, masih relatif aman sedangkan temuan mulai Januari sampai Oktober tahun ini hanya tiga kasus difteri yang ditemukan.

“Tiga kasus itu baru suspek, artinya hasil uji laboratorium tiga orang itu masih diindikasikan gejala difteri belum positif. Dua kasus awal tahun ini, dan satu kasus bulan ini,” jelasnya.

Meski masih gejala, kata Didik, Dinkes langsung melakukan antisipasi penularan difteri di lokasi temuan kasus. Langkah pencegahannya yaitu, melakukan pemeriksaan terhadap warga yang tinggal di sekitar rumah orang yang diindikasikan suspek difteri.

Dinkes juga melakukan pemeriksaan terhadap warga yang berada di lingkungan sekitar tempat bermain orang yang suspek difteri, kemudian memberikan obat pencegahan.

“Satu kasus suspek difteri yang kami temukan bulan ini menjangkiti siswa. Kami sudah memeriksa semua orang yang kontak erat dengan penderita baik di lingkungan rumah maupun sekolah,” katanya.

Lebih lanjut, warga diminta segera datang ke puskesmas atau rumah sakit jika mengalami tanda – tanda penyakit difteri. Tanda – tanda itu diantaranya,  mengalami batuk beringus, panas, sulit menelan, serta saat mulut dibuka ada bercak putih di tenggorokan.

“Langkah pencegahannya, yaitu, dengan imunisasi. Harus ikut imunisasi lengkap untuk mencegah penularan difteri,” tandasnya.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu