Temuan Benda Purbakala di Dekat Punden Candi Gedog

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Warga Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar digegerkan dengan penemuan batu mirip kepala manusia. Selain itu, koin peninggalan zaman dahulu dan struktur batu kuno juga ditemukan di area persawahan dekat punden Candi Gedog.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar melihat langsung penemuan dugaan struktur Candi Gedog, Senin (2/9).

Kepolisian langsung memasang garis polisi di sekitar penemuan dugaan peninggalan zaman purbakala. Mulai batu besar berbentuk kepala manusia berukuran panjang 28 centimeter, tinggi 45 centimeter, dan lebar  37 centimeter. Juga ditemukan, tumpukkan batu bata kuno yang tertata rapi, batu berbentuk kepala naga, hingga uang koin dengan tulisan angka 1856 dan aksara jawa kuno.

“Kita datang ke TKP temuan benda yang diduga benda purbakala. Lokasi ini kita police line (garis polisi), untuk pengamanan agar tidak ada pihak – pihak yang tidak berkepentingan melakukan hal yang tidak diperbolehkan. Ada tiga titik yang kita lakukan police line,” ujar Kapolres Blitar Kota.

Tri Iman Prasetyono Kepala Disparbud mengatakan, kedatangannya untuk mendata temuan – temuan dugaan barang purbakala tersebut. Data itu akan dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) yang ada di Mojokerto Jawa Timur.

“Kami menindaklanjuti temuan dari kecamatan yang diperkirakan ada konstruksi dan ditemukan arca yang sama dengan yang sudah ada. Ini akan kita laporkan ke BPCB untuk penelitian lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, Camat Sananwetan Heru Eko Purnomo mengatakan, pertama kali temuan diduga benda purbakala itu oleh Toiran pemilik ladang. Waktu itu, Toiran sedang menggali pematang sawah, lalu menemukan batu besar berbentuk seperti wajah manusia.

“Mungkin baru kali ini ditemukan itu. Kemarin hari Kamis (30/8) itu teman – teman seperti biasa cangkrukan di situ (Punden Mbah Joko Pangon) lalu Jumat nya Pak Toiran melaporkan penemuan arca itu. Sepertinya Candi Gedog itu disini, bukan disana (Punden Mbah Joko Pangon),” ujarnya.

Setelah penemuan batu berbentuk kepala manusia, Heru bersama warga lainnya melakukan pencarian lagi. Tidak jauh dari penemuan batu masih sekitar sawah Toiran ditemukan sebuah koin kuno. Warga yang masih penasaran kemudian menemukan batu bata berukuran panjang 31 centimeter, lebar 20 centimeter, dan tinggi 5 centimeter, masih di area persawahan warga. Sampai saat ini belum diketahui kapan BPCB di Mojokerto memastikan temuan dugaan peninggalan purbakala tersebut.

Untuk diketahui, warga sekitar mengenal kawasan itu dengan sebutan Candi Gedog. Namun sampai saat ini struktur candi itu seperti apa belum diketahui.

Reporter Zayyin Multazam Sukri

Editor Achmad Saichu