Tempat Pengeringan Tembakau Terbakar, ini Penyebabnya

Nganjuk, koranmemo.com – Sebuah open (tempat pengeringan) tembakau mili Mujiantoro (39) di Desa Ngringin Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, Minggu (22/9/2019) sekitar pukul 05.00 WIB, dilalap is jago merah.

Akibat dari peristiwa ini, open rusak berat dan tembakau dalam kondisi 90 persen kering habis terbakar. “Korban jiwa nihil, kerugian material total sekitar Rp 150 juta,” ujar AKP Moh. Sudarman Kasubbag Humas Polres Nganjuk.

Sudarman menjelaskan, kejadian berawal pada sekitar pukul 04.30 WIB, Jio (70) penjaga open berencana menambah bahan bakar. Saat membuka pintu open dan masuk ke dalam, tiba-tiba api di salah satu sudut open tembakau menjalar ke bagian atas open.

“Api langsung membakar tembakau yang kondisinya 90 persen sudah kering dan menjalar ke seluruh bagian yang ada di dalam open,” bebernya.

Mengetahui itu, selanjutnya Jio berlari keluar untuk menyampaikan kepada pemilik open yang saat itu berada di depan rumah. Mendapat kabar, korban langsung melihat dari depan rumahnya. Sedangkan posisi open tembakau berada di belakang rumahnya.

“Korban segera berlari ke lokasi kejadian yang posisinya di belakang rumah, amun api sudah membesar dan posisi open tembakau sudah tidak bisa diselamatkan,” kata Sudarman.

Selang beberapa menit kemudian, warga yang mengetahui kejadian ini berdatangan membantu memadamkan dengan alat seadanya, dan menjaga sehingga api tidak menjalar ke sekitar open tembakau.

“Sekitar puku 05.30 WIB, api sudah mulai padam dan sekitar jam 06.00 WIB petugas pemadam kebakaran tiba tiba di lokasi untuk melakukan pembasahan hingga dipastikan api padam 100 persen,” ungkapnya.

Setelah dipastikan tidak ada titik api, sekitar puku 07.00 WIB warga bersama personel Polri dan TNI membantu menyisihkan puing-puing sisa kebakaran. “Sampai saat ini, petugas dari Polsek Lengkong dan Koramil 0810/13 Lengkong serta warga sekitar masih kerja bakti mempersihkan puing,” pungkas Sudarman.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Irwan Maftuhin