Telusuri Pengelola Tambang Batu

Nganjuk, koranmemo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk akan menelusuri siapa pengelola kegiatan penambangan batu di Desa Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Hal itu lantaran kegiatan penambangan yang sudah berjalan selama bertahun-tahun itu selain ilegal juga memicu adanya bencana alam. Terlebih kegiatan itu dilakukan di kawasan perhutani.

Informasi yang dihimpun koranmemo.com, aliran dana hasil pengelolaan tambang batu gunung itu diduga tidak masuk ke pemerintah sesuai prosedur. Bahkan, ditengarai ada oknum-oknum kurang bertanggungjawab yang sengaja mengambil keuntungan dari kegiatan ilegal ini. Ironisnya, warga setempat yang harus menanggung dampak bencana alam dan kerusakan jalan karena kegiatan tersebut.

Raditya Harya Yuangga, anggota DPRD Nganjuk yang pertama kali melakukan sidak di lokasi ini mengungkapkan, pihaknya masih akan melakukan kroscek terkait kemana saja aliran dana hasil kegiatan yang diduga ilegal ini. Mengingat sejumlah informasi yang masuk menyebutkan ada oknum dari dinas terkait yang turut ‘bermain’ di sini. “Kita akan melakukan kroscek terkait kemana saja aliran dananya, mengingat kegiatan ilegal ini merugikan masyarakat maupun pemerintah setempat,” ungkapnya. (and)