Tekan Penyebaran Covid-19, Pengunjung Alun-alun Pasuruan Di-rapid Test

Pasuruan, koranmemo.com -Kota Pasuruan masih tetap memberlakukan penerapan pembatasan kendaraan R4 dan pedagang/penjual guna menekan wabah virus Covid-19 di Kota Pasuruan.

Di tengah pemberlakuan tersebut pada hari ini Sabtu sore (09/05), Forkopimda Kota Pasuruan bersama TNI-Polri melaksanakan Patroli guna memantau masyarakat yang masuk kawasan Alun-alun Kota Pasuruan.

Setelah melaksanakan buka bersama di Alun – alun Kota Pasuruan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara social distancing, Plt. Wali Kota Raharto Teno Prasetyo ST., Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh. Burhan Fajari Arfian SSos. dan Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander SIK. MH, menyisir masyarakat di sekitaran alun – alun serta di pusat pembelanjaan Sandang Ayu.

Dan selanjutnya mereka dibawah ke Posko Alun – alun Kota Pasuruan untuk menjalani Pemeriksaan Rapid Tes yang melibatkan Tim Dokkes Polres Pasuruan Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan Rapid Tes terhadap 60 orang, alhasil terdapat 2 orang positif Corona yang berasal dari wilayah Kabupaten Pasuruan dengan pemeriksaan suhu tubuh di atas normal yaitu 38°C.

Selanjutnya 2 orang tersebut dievakuasi dengan menggunakan kendaraan ambulan puskesmas serta mendapat pengawalan kendaraan Backbone Sabhara Polres Pasuruan Kota untuk menuju lokasi Karantina Gedung Gradika Kota Pasuruan.

“Diharapkan dengan diadakannya Rapid Test oleh Polres Pasuruan bersama Pemerintah Kota Pasuruan terhadap masyarakat, dapat membuat masyarakat Kota Pasuruan memahami dengan betul bahwa proses penyebaran wabah Covid-19 ini sangatlah cepat, sehingga dengan adanya anjuran dari Pemerintah terkait protokol kesehatan ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19” ujar Walikota Teno.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander SIK. MH, mengatakan, akan tetap melaksanakan koordinasi dan monitoring giat pelaksanaan Rapid Tes kepada masyarakat sekitar alun – alun agar berjalan aman dan kondusif. “Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat harus tetap menjaga jarak saat berinteraksi dan wajib menggunakan masker,” tambah Kapolres Doni.

Reporter Lalang Safurdiantoni

Editor Achmad Saichu