Tekan Penyebaran Covid-19, K3S Kab. Pasuruan Gelar Baksos di 9 Ponpes

Pasuruan, koranmemo.com – Wujud Kepedulian K3S (Koordinator Ekonomi Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Pasuruan dalam membantu pemerintah guna menekan tingkat penyebaran Covid-19 di kalangan santri.

Ketua K3S Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf memberikan bantuan ratusan peralatan makan dan minum higienis yang terdiri dari 100 buah per paketnya dan diserahkan kepada para pengasuh di 9 pondok pesantren di Kecamatan Gondangwetan dan Wonorejo, Selasa (12/01).

“Hari ini saya serahkan bantuan peralatan mamin (makan dan minum) untuk santri dan santriwati di 9 pondok pesantren, dengan tetap menerapkan prokes yang ketat, Saya pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan dalam keadaan sehat,” kata Lulis.

Adapun kesembilan ponpes sasaran pemberian bantuan tersebut diantaranya empat Ponpes di wilayah Kecamatan Gondangwetan yang meliputi Ponpes Al Latifiyah Kejeron, Ponpes Nurul Barokah Podokaton, Ponpes Salafiyah Kalimalang, Ponpes Raudhatul Ulum Tebas, dan Selanjutnya di lima Ponpes di Wilayah Kecamatan Wonorejo yakni Ponpes Al Qodiri Areng-areng, Ponpes Al Hidayah Jatigunting, Ponpes Ar Riyadh Banin wal banat Jatigunting, Ponpes Nurul Qodim Taman Sari, dan Ponpes Hidayatul Mubtadiin Sudan.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Polres Pasuruan Dilengkapi Peralatan Inventaris, Ini Pesan Kapolres

Lulis berharap, bantuan peralatan mamin tersebut bisa langsung dibagikan, agar para santri yang belum memiliki sendok, piring atau mangkuk sendiri, tidak menggunakan piring santri yang lainnya.

“Totalnya ada 100 buah per paketnya, Biasanya santri makan minumnya itu rame-rame atau bergantian. Nah saat ini sudah bisa sendiri-sendiri, meski saya yakini santri pasti banyak yang sudah memahami akan pentingnya memiliki peralatan sendiri-sendiri,” terangnya.

Selain membagikan peralatan mamin higienis, Lulis mengatakan K3S Kabupaten Pasuruan kedepannya juga akan membagikan 240 paket perlengkapan salat seperti sarung, mukena dan sajadah. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada para Takmir masjid di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Dandim 0819 Pasuruan Perintahkan Jajarannya untuk Sosialisasikan PPKM

“Kalau masjid besar atau masjid agung pasti menjadi pusat ibadah orang-orang, Pasti banyak yang datang juga, Untuk itu, bantuan perlengkapan sholat ini kami berikan agar bisa dipakai secara bergantian dengan yang sudah ada,” harapnya.

Di sisi lain, Ketua K3S menambahkan bahwa K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan bantuan tempat cuci tangan untuk TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an) dan Panti Asuhan di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Reporter Lalang Safurdiantoni
Editor Achmad Saichu