Targetkan Seminggu Selesai

Share this :

Pembersihan Puing Eks Lokalisasi Semampir

Kediri, koranmemo.com – Terkait pembersihan puing-puing bekas penggusuran eks lokalisasi Semampir, pihak Dinas Kebersihan Pertamanan Kota Kediri menargetkan seminggu lagi akan selesai. Dari 4 RW yang terdampak pembersihan, masyarakat Semampir sendiri yang mengangkut puing-puing bangunan tersebut.

Roni Yusianto, Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Kediri mengungkapkan, pengerjaan pembersihan tersebut sudah dimulai sejak Rabu (18/1) lalu. Pihak DKP menargetkan seminggu lagi akan segera selesai agar bisa untuk ditanami. “Saat ini hanya dibersihkan saja dan setelah itu ditanami pohon-pohon dulu. Agar cepat menjadi ruang terbuka hijau, akan tetapi untuk tahapan selanjutnya mau dibuat seperti bagaimana masih dalam proses. Secepatnya akan direalisasikan sesuai dengan rencana refungsi awal,” ungkap Roni.

Roni menambahkan, saat ini masyarakat Kelurahan Semampir yang membersihkan dan mengangkut bekas runtuhan bangunan tersebut dengan dibantu oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) setempat. “Pihak DKP tidak ikut mengurusi mengangku atau dibawa kemanakah dan dijual atau dibuat apa puing-puing bangunan tersebut,” ujar Roni.

Untuk sementara, pihak DKP hanya menyediakan alat bantu untuk mengeruk reruntuhan bangunan bekas eks lokalisasi tersebut. DKP hanya menyediakan 2 alat berat berupa ekskavator. Untuk truk dan alat lainnya pihak LPMK lah yang membantu masyarakat. “Pihak DKP tidak berhak membawa atau menjual atau menggunakan kembali bekas reruntuhan bangunan tersebut karena itu bukan termasuk aset pemerintah kota,” pungkasnya. (dha)