Tantangan Kerjasama SMK dan DUDI

Kediri, koranmemo.com – Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terus dilakukan menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), tak terkecuali di Kediri. Namun, masih ada tantangan yang dihadapi sekolah untuk menjalin kerjasama dengan DUDI.

Menurut Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Sidik Purnomo, pihaknya terus membantu SMK baik di Kota maupun Kabupaten Kediri untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan (DUDI). Namun, beberapa sekolah memang masih cukup sulit untuk menjalin kerjasama, karena belum ada penyesuaian kurikulum atau materi dengan perusahaan.

Penyesuaian materi ini sangat penting, karena untuk memperkenalkan atau menciptakan standar yang sesuai dengan perusahaan. “Jadi, dengan menjalin kerjasama dan penyesuaian kurikulilum serta materi, diharapkan siswa sudah sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan atau memenuhi kriteria,” ucapnya, Kamis (22/8).

Ini dilakukan untuk menciptakan siswa yang sesuai dengan kriteria perusahaan sehingga setelah lulus nanti bisa diserap di DUDI, ada kegiatan Teaching Factory (TRFA) di sekolah. Jadi, ada susana perusahaan atau industri di sekolah, diharapkan siswa tidak kaku atau terkejut saat terjun di dunia kerja.

Sidik menjelaskan, untuk siswa SMK memang ditargetkan sudah siap bekerja setelah lulus sekolah. Di sekolah yang sudah menjalin kerjasama dengan DUDI, ada kelas industri sesuai bidang atau jurusan yang ada di sekolah. Meskipun demikian, msih ada sekolah yang cukup sulit untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan.

Untuk beberapa sekolah yang jumlah siswa kurang dari 200 siswa dalam satu tingkat, juga cukup sulit untuk menjalin kerjasama. “Memang ini masih terjadi, karena di sekolah jumlah siswa kurang dari 200. Bukan kekurangan murid, tapi memang kuota saat penerimaan peserta didik baru kurang 200,” jelasnya.

Sidik menambahkan, untuk SMK di Kota maupun Kabupaten Kediri yang sudah menjalin kerjasama dengan DUDI dinilai masih sedikit. Dia berharap lembaga sekolah segera menjalin kerjasama dengan DUDI untuk memaksimalkan persiapan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date