Tanpa Sebab, Tiba-tiba Pohon Gada Istana Gebang Terbelah: Pertanda Apa Ini?

Share this :

Blitar,koranmemo.com – Pohon langka bernama gada atau nama latin Kigelia Africana asal afrika yang hanya ada tiga tempat di Indonesia diantaranya ada di Istana Gebang Kota Blitar, Rabu (26/09) pukul 09.00 WIB tiba-tiba roboh dan terbelah menjadi dua bagian. Sontak warga dan pengelola wisata Istana Gebang inipun terkejut dan menyuruh para pengunjung segera menjauh dari lokasi pohon langka yang diperkirakan kini sudah berusia 47 tahun tersebut.

Pohon setinggi sekitar 15 meter berdiameter batang bawah 20 cm ini merupakan pohon langka yang ditanam tepat 40 hari wafatnya Bung Karno.Atas inisiatif Ibu Wardoyo, yang merupakan kakak kandung Presiden Pertama Ir Soekarno.

” Sekitar pukul 09.00 WIB tiba-tiba ada suara krakk dari batang pohon ganda, seketika terbelah menjadi dua, ” ujar Gogok (45) penjual minuman di area Istana Gebang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian robohnya pohon langka ini. Saat ini pihak Pemerintah Kota masih berkordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan dahan dan ranting yang jatuh.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu