Tangkap Pelaku Perantara Gadai Motor

Kediri, koranmemo.com – Yeremia Loren Martino (36) warga jalan Penanggungan Lingkungan Pulosari Kelurahan/Kecamatan Pare, dua malam lalu diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Pare Kota di Lingkungan Semanding Kelurahan/Kecamatan Pare.

Pelaku ditangkap polisi lantaran pada 8 Januari lalu, bertindak sebagai perantara menggadaikan motor temannya, Priyo (40) dan digadaikan sebesar Rp 4 juta. Saat dinyatakan sebagai tersangka dan dikenakan wajib lapor, pelaku kabur dan sering berpindah tempat yang akhirnya dinyatakan buron. Saat ini pelaku ditahan dan dititipkan di tahanan wanita Polres Kediri.

Kapolsek Pare Kota AKPSyaiful Alam melalui Kasi Humas Aiptu Lilis membenarkan pihaknya mengamankan seorang perempuan pelaku perantara gadai. “Sudah kita amankan dan kita titipkan di Polres Kediri,” jelasnya.

Peristiwa bermula dari Priyo sahabat pelaku ini meminjam motor milik Mujayanah dengan alasan akan mengambil STNK yang ditilang polisi. Namun nyatanya motor tersebut digadaikan melalui pelaku ini dan digadaikan ke orang lain dengan nilai Rp 4 juta. Dari jasanya ini ia mendapatkan bagian Rp 100 ribu.

Pada perkembangannya, Priyo pelaku penggadaian lebih dulu ditangkap dan dijebloskan tahanan. Namun bagi Yeremia waktu untuk wajib lapor digunakan kesempatan melarikan diri dan berpindah tempat. Dalam pelarian, Yeremia sempat mengajukan gugatan pra peradilan lewat kuasa hukumnya dari Surabaya.

Dalam sidang ,Yeremia gugatan pra peradilan dinyatakan kalah dan dimenangkan oleh Polsek Pare Kota. Hampir enam bulan kabur, mengira polisi tak mencarinya.

Saat sedang menyelidiki informasi keberadaan Yeremia, polisi mendapatkan informasi Yeremia bersembunyi di rumah kerabatnya di Lingkungan Semanding Kelurahan/Kecamatan Pare.

Petugas terus melacak keberadaan pelaku dan mengetahui persembunyiannya dan meringkusnya. Pelaku pun digelandang ke Mapolsek Pare Kota untuk diperiksa. Di depan petugas yang memeriksanya, pelaku mengakui perbuatannya melakukan persengkolan jahat tersebut. (bak)

Follow Untuk Berita Up to Date