Tangkap Dua Pencuri Sepeda Motor, Satu Ditembak

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Personel Satreskrim Polres Kediri menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor milik Slamet (38) warga Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, Rabu (22/4). Mereka adalah Feri Ananto (40) dan Dudun Miswanto (31) warga Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Menurut Kasat Reskrim Polres Kediri, AK Gilang Akbar, pada Rabu (22/4) sekitar pukul 07.00 WIB, korban pergi ke sawah di daerah Desa Dawung dengan mengendarai sepeda motor miliknya, Yamaha Jupiter Z bernomor polisi (nopol) AG 4087 HG. Korban ke sawah untuk menanam bibit cabai yang dibawa menggunakan gerobak di belakang sepeda motor.

Setelah tiba di sawah, korban memarkir sepeda motor di pinggir sungai. “Korban memindahkan bibit cabe dari gerobak ke sawah tempat menanam cabai  dan sudah 4 kali memindahkan. Pada saat memindahkan bibit cabai, korban melihat ada seorang laki-laki sedang berada di pinggir sungai,” jelasnya, Kamis (23/4).

Selanjutnya, kata AKP Gilang, saat korban ingin memindahkan bibit cabai untuk kelima kalinya,sepeda motor milik korban sudah hilang dan tali rafia untuk mengikat gerobak di sepeda motor diputus. “Mengetahui sepeda motor tidak ada pada tempatnya, korban menanyakan pada beberapa orang di sekitar, tetapi tidak ada yang mengetahui. Korban segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ringinrejo,” ujarnya.

AKP Gilang menjelaskan, personel Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri yang mendapatkan laporan tentang tindak pidana pencurian, bersama personel Unit Reskrim Polsek Ringinrejo melakukan penyelidikan. “Akhirnya, anggota pada Rabu (22/4) sekitar pukul 20.30 WIB berhasil mengamankan pelaku yaitu Feri dan Dudun,” tegasnya.

Keduanya ditangkap saat menjual satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2009, warna hitam merah dengan nopol AG 4087 HG. “Nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan STNK dan BPKB milik korban. Mereka ditangkap di wilayah hukum Polsek Ngadiluwih. Dari hasil introgasi, Feri mengakui sebagai pelaku pencurian,” katanya.

Pelaku (Feri), sambungnya, ternyata melakukan kejahatan serupa di beberapa tempat kejadian perkara (TKP) dan pernah dihukum dalam kasus serupa alias residivis. Personel pun harus mengambil tindakan tegas dan terukur kepada Feri. Karena, saat dilakukan penangkapan, Feri melakukan perlawanan.

AKP Gilang menambahkan, untuk kedua pelaku tersebut disangkakan dua pasal berbeda. “Untuk Feri, dugaan kami dia melanggar Pasal 362 KUHP tentang pencurian, sedangkan untuk Dudun pasal yang disangkakan yaitu Pasal 480 KUHP karena diduga sebagai penadah,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya