Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Kekeringan Dengan Latgulben

Nganjuk, koranmemo.com – Kodim 0810/Nganjuk secara resmi membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben), Senin (18/11) di GOR Bung Karno, Begadung, Nganjuk. Pelatihan akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan dengan mengambil materi tentang penanggulangan kebakaran hutan dan bencana alam kekeringan.

Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf. Masduqi mengatakan, latihan tersebut bertujuan mengantisipasi bila terjadi bencana alam sesungguhnya, sehingga tidak kelabakan dan mampu mengatasinya secara cepat dan tepat.

Menurutnya, pelatihan seperti ini sangat baik untuk melatih semua unsur-unsur terkait, meliputi TNI, Polri, serta pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.
“Latihan yang dilaksanakan secara terpadu ini merupakan salah satu metode untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam apabila terjadi bencana sungguhan,” jelasnya.

Terkait materi yang dilaksanakan, Danrem mengungkapkan jika di Nganjuk terdapat lahan hutan yang luas. Maka latihan semacam ini sangat diperlukan guna mengantisipasi dan melatih jika ancaman kebakaran hutan pada musim kemarau terjadi. Ia berharap agar latihan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, agar berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan semua komponen dalam upaya menanggulangi bencana.

Sementara itu, Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumaidi, yang memimpin Apel Gelar Latgulben mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Pihaknya berharap kepada seluruh instansi yang terlibat dapat mendukung, bekerjasama dan melaksanakan latihan secara serius.

“Saya harap semua pihak yang tergabung dapat mendukung, bekerjasama, serta serius dalam melaksanakan latihan. Sehingga, nantinya bisa gerak cepat seandainya bencana sungguhan terjadi,” tandasnya. (adv/humas pemkab)

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date