Tanggul Jebol, Dua Dusun Terendam Banjir

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Akibat hujan deras berjam-jam di Kabupaten Kediri Rabu (20/3) malam menyebabkan dua tanggul sungai jebol. Tanggul tersebut berada d Dusun Tlanak dan Dusun Ngampel sepanjang lima meter dan tinggi satu meter. Tanggul jebol juga terjadi di sungai Mojolegi sepanjang lima belas meter dan tinggi satu meter.

Akibat tanggul jebol ini Dusun Tawangrejo dan Dusun Bulurejo Desa/Kecamatan Papar kebanjiran setinggi 20 cm hingga 40 cm di ujung sebelah barat. Sementara tinggi air Dusun Bulurejo ujung sebelah timur mencapai 20 sentimeter dan ujung sebelah barat ketinggian air mencapai 80 cm.

Rendi Agata Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri menjelaskan, untuk Dusun Tawangrejo jumlah terdapat 265 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 4 RT dan 1 RW. Sedangkan Dusun Bulurejo jumlahnya 203 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 4 RT dan 1 RW.

“Untuk Dusun Bulurejo rumah yang terdampak langsung dan air masuk ke rumah warga ada 50 rumah. Sejauh ini kami masih melakukan pantauan terhadap kondisi lingkungan yang tergenang air. Hal ini kita lakukan untuk menghindari peristiwa yang tidak kita inginkan. Karena khawatir air akan naik,” jelasnya.

Ditambahkan Rendi, Kamis (21/3) pukul 02.00 BPBD mengevakuasi 14 orang warga dari 5 KK ( 5 rumah ) ke kantor PNPM Desa Papar. Untuk sementara warga tersebut mengungai ke kerabat terdekat masing-masing. Petugas juga membuat Posko darurat banjir di rumah perangkat desa.

“ Dalam kondisi seperti ini dan meringankan warga kami berikan sembako, selimut dan makanan kepada korban terdampak banjir. Selanjutnya untuk saat ini kami melakukan penanganan dengan memperbaiki tanggul yang jebol dan memantau lingkungan warga hingga air surut dan warga aman,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu