Tanaman Kakao di Madiun Diserang Hama Patek

Madiun, koranmemo.com – Hektaran tanaman kakao yang ada di Kabupaten Madiun diserang hama dan penyakit. Disampaikan Kasi Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Madiun, Muhammad Yasin, hama patek pada tanaman cokelat (kakao) sangat bisa diatasi dengan cara rajin merawat tanaman terutama menyemprot pestisida.”Tinggal petaninya telaten apa tidak melakukan perawatan,” katanya.

Untuk tanaman kakao termasuk tanaman perkebunan yang lain, jika petani benar-benar tanggap dan sigap, penyakit yang menyerang tidak akan berkembang banyak. Karena pada dasarnya petani pun kurang memperhatikan perawatan tanaman, seperti halnya harus memangkas batang, menjaga kebersihan lahan.

“Itu kalau mau memperhatikan dan merawat dengan benar mulai dari perawatan tanah, kebersihan lingkungan penyakit tidak akan bisa berkembang,” tuturnya.

Ditambahkan, Kabupaten Madiun merupakan penghasil kakao tertinggi se Jawa Timur. Sedangkan produksi tertinggi di Kabupaten Madiun berasal dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Kare dan Kecamatan Gemarang.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date