Tanam Pohon Untuk Generasi Masa Depan

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Kepolisian Resort Trenggalek kembali menggelar gerakan aksi tanam pohon di sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek, Jumat (10/1). Tercatat, sedikitnya sebanyak 5.500 bibit pohon di tanam anggota Polres Trenggalek di 19 titik. Gerakan tanam pohon ini sebagai wujud nyata kepedulian pihak kepolisian terhadap kelangsungan alam.

Penanaman bertajuk ‘Polri Peduli Penghijauan, Penanaman Pohon Lintas Generasi’ itu merupakan implementasi gerakan aksi tanam sejuta pohon oleh Polda Jatim yang digelar serentak di 38 kabupaten atau kota di Jawa Timur. “Ini merupakan implementasi dari penanaman sejuta pohon Polda Jatim yang digelar serentak se-provinsi Jawa Timur,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Gerakan aksi tanam pohon yang ditanam di beberapa titik itu melibatkan berbagai elemen masyarakat lintas generasi. Mulai  kalangan anak usia dini hingga purnawirawan Polri dan Warakawuri. Keterlibatan anak usia dini itu sekaligus menjadi edukasi untuk lebih mencintai dan menjaga kelestarian alam. “Sekaligus sebagai edukasi pada anak,” imbuhnya.

Dampak gerakan tersebut memang tak bisa dirasakan secara langsung. Namun jangka panjangnya, aksi seperti itu sangat dibutuhkan. Apalagi Trenggalek masuk kategori daerah rawan banjir dan longsor sehingga kedepannya pohon itulah yang akan jadi pengampu. “Mungkin akan dinikmati 10 hingga 15 tahun mendatang. Bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, gerakan tersebut dilakukan secara berkesinambungan. Ribuan bibit pohon yang ditanam itu merupakan tanaman jenis buah-buahan yang memiliki akar kuat. Seperti alpukat, mangga, durian, rambutan, kelengkeng dan sawo. Selain sebagai penahan dan penyimpan air, buah dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu