Tambah 11 Warga Kab. Pasuruan Positif Covid-19, 6 Pasien Dinyatakan Sembuh

Share this :

Pasuruan, koranmemo.com – Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya kembali menjelaskan, untuk angka penyebaran virus Corona di Kabupaten Pasuruan masih terus meningkat.

Pasalnya pada hari ini, Rabu (29/07) telah bertambah 11 orang Warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan terpapar Positif Covid-19.

Kesebelas orang tersebut meliputi 3 warga Bangil yakni 1 laki-laki (59) dari Kelurahan Bendomungal, 1 perempuan (32) dari Desa/Kelurahan Kolursari dan 1 laki-laki (53) dari Desa/Kelurahan Kersikan.

2 warga Beji meliputi 1 perempuan (38) dari Desa Gununggangsir dan 1 laki-laki (26) dari Desa Cangkring Malang.

1 perempuan (56) dari Desa Bulusari dan 1 perempuan (47) dari Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Kemudian 1 laki-laki (47) dari Desa Ngadimulyo dan 1 perempuan (47) dari Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo.

1 laki-laki (64) dari Desa Tunggul wulung, Kecamatan Pandaan dan 1 perempuan (55) dari Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari.

“Sebanyak 11 warga Kabupaten Pasuruan hari ini terkonfirmasi Covid-19. Mereka ada yang berasal dari Kecamatan Bangil, Beji, Gempol, Pandaan, Purwosari dan Sukorejo,” jelas Anang, Rabu (29/07).

Bertambahnya 11 orang terpapar Virus Corona, maka total warga yang dinyatakan Positif Covid-19 mencapai 594 orang, Yang terdiri dari 94 warga Bangil, 49 warga Beji, 174 warga Gempol, 10 warga Gondangwetan, 15 warga Grati, 19 warga Kraton, 8 warga Lekok, 1 warga Lumbang, 11 warga Nguling, 54 warga Pandaan, 3 warga Pasrepan, 9 warga Pohjentrek, 25 warga Prigen, 15 warga Purwodadi, 32 warga Purwosari, 5 warga Puspo, 10 warga Rejoso, 3 warga Kejayan, 15 warga Rembang, 25 warga Sukorejo, 3 warga Tutur, 7 warga Winongan dan 2 warga Wonorejo.

Kabar Gembira

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengatakan, bahwa menurut catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan terdapat 6 warga yang sembuh dari covid-19 dan dipulangkan pada hari Rabu, (29/07).

Keenam orang tersebut terdiri dari Kecamatan Grati yang meliputi 1 laki-laki (50) dari Desa Trewung dan 1 perempuan (49) dari Desa Karangkliwon.

Dan untuk 4 orang lainnya meliputi 1 perempuan (45) dari Desa Wates, Kecamatan Lekok; 1 perempuan (40) dari Kecamatan Winongan; 1 perempuan (33) dari Kecamatan Nguling serta 1 laki-laki (65) dari Kecamatan Gempol.

Ke enam warga yang sembuh tersebut 5 orang yang merupakan pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Grati dan Sedangkan 1 warga Gempol dirawat di RS di luar Kabupaten Pasuruan.

“Hari ini ada enam warga Kabupaten Pasuruan yang sembuh dari Covid-19 dan Mudah-mudahan dalam hari-hari ke depan juga semakin banyak warga yang sembuh,” kata Irsyad, Rabu (29/07).

Dengan semakin bertambahnya orang yang sembuh, Irsyad mengaku sangat bersyukur, dan secara otomatis akan berdampak pada semakin optimismenya seluruh pasien lain yang hingga saat ini masih dirawat, Baik di SKB Pandaan, Permata Biru, Prigen maupun di RSUD Bangil dan RSUD Grati.

Irsyad meyakinkan kepada pasien positif Covid-19 bahwa Virus Corona ini bisa disembuhkan dengan semangat yang tinggi dalam menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan, Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menkonsumsi makanan yang bergizi, asupan vitamin disertai probiotik dan pola pikir yang selalu positif.

Irsyad Yusuf juga menegaskan bahwa dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan, anggota Gugus Tugas harus saling berbagi tugas satu sama lain, Seperti Dandim 0819 Pasuruan bertugas di bidang kesehatan, Kapolres Pasuruan yang terus menegakkan pentingnya kedisplinan di kalangan karyawan perusahaan, Kejari bertugas di bidang perdagangan, Ketua PN Bangil di bidang kepariwisataan dan tugas penting lainnya.

“Kita ketahui bersama bahwa Presiden Jokowi meminta Langkah percepatan dari semua kepala daerah di Jawa Timur. Salah satunya Kabupaten Pasuruan untuk bagaimana bisa terus menekan kasus virus corona di Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, saya, Wakil Bupati dan Forpimda saling berbagi tugas supaya efektif dan terukur,” ujarnya.

Irsyad juga mengajak seluruh warga yang sembuh dari Covid-19, untuk menjadi motor (penggerak) dalam mensosialisasikan pentingnya melaksanakan anjuran pemerintah dalam memotong mata rantai penyebaran Virus Corona, di lingkungannya masing-masing.

“Saat ini, bukan hanya dokter dan tenaga kesehatan saja yang menjadi pahlawan. Tapi juga warga yang sembuh dari Covid-19 juga harus menjadi pahlawan untuk mengedukasi warga lainnya tentang Virus Corona. Perang ini belum selesai, dan akan selesai kalau sama-sama kita lawan dengan kebersamaan, kedisiplinan dan kesabaran,” tambahnya.

Dengan bertambahnya 6 pasien yang sembuh dari Virus Corona, maka total warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan bebas dari Covid-19 sebanyak 346 orang, yang diantaranya 35 warga Bangil, 24 warga Beji, 126 warga Gempol, 7 warga Gondangwetan, 8 warga Grati, 10 warga Kraton, 4 warga Lekok, 1 warga Lumbang, 8 warga Nguling, 33 warga Pandaan, 2 warga Pasrepan, 15 warga Prigen, 13 warga Purwodadi, 20 warga Purwosari, 5 warga Puspo, 6 warga Rejoso, 9 warga Rembang, 15 warga Sukorejo, 1 warga Tutur, 3 warga Winongan dan 1 warga Pohjentrek.

Reporter Lalang Safurdiantoni
Editor Achmad Saichu