Tak Bisa Tunjukkan Paspor, WNA Cina Diamankan Satpol PP

Kediri, koranmemo.com – Selama bulan Ramadan, petugas Satpol PP Kota Kediri menggelar patroli cipta kondisi (cipkon) dengan sasaran mulai tempat kos hingga tempat hiburan malam. Saat petugas yang melakukan patroli di Kelurahan Ngronggo, menemukan warga negara asing (WNA), Jumat (10/5) sekitar pukul 21.00 WIB. Karena tidak bisa menunjukkan paspor asli dan kartu identitas (Kitas), petugas membawa ke kantor Satpol PP.

Menurut Kabid Trantibumas Satpol PP Kota Kediri, WNA tersebut asal Cina dan diketahui bernama Pang Kun (24) yang mengaku beralamat di RT 08/RW 10 Kedungdoro, Surabaya.

“Laki-laki tersebut, saat dilakukan pemeriksaan hanya menunjukkan SIM dan kartu izin tinggal sementara dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan,” jelas Kabid Trantibumas Satpol PP Kota Kediri.

Saat pemeriksaan, salah satu penghuni kos, Rani (27) asal RT 12/RW 07 Kelurahan Penjaringan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, mengaku sebagai istri Pang Kun. Namun, saat diajukan pertanyaan oleh petugas, keterangannya berubah dan mengaku hanya sebagai karyawan Pang Kun.

Karena pernyataan yang diberikan berubah-ubah serta menghindari penyalahgunaan izin tinggal, petugas segera membawa mereka ke Kantor Satpol PP. Di sana, dari keterangan Rani, Pang Kun adalah supervisor salah satu produk telepon genggam (HP) asal Cina.  Ia datang untuk melakukan survei penjualan di Kota Kediri.

Untuk langkah selanjutnya, petugas melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Non TPI Kediri. Pasalnya, untuk mengetahui apakah ada pelanggaran izin tinggal, seperti melewati batas waktu maupun yang dilakukan selama di Kota Kediri tidak sesuai dengan apa yang tertera di paspor.

Petugas juga mengimbau kepada pemilik (pengelola) tempat kos, supaya lebih memperhatikan penghuni kos. Selain itu, tidak asal menerima penghuni kos jika tidak mampu menunjukkan kartu identitas. Dikhawatirkan, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, atau mengarah ke tindak kriminal.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date