Tahun 2021, Pemkab dan Pemkot Blitar Ajukan Formasi Rekrutmen CPNS

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Meski perekrutan CPNS di lingkup Kabupaten Blitar tahun 2019 sudah kelar, Pemerintah Kabupaten Blitar tetap mengusulkan kebutuhan pegawai baru lagi. Usulan itu bakal dilontarkan pada 2021 atau tahun depan.

Kepastian itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi. Dia mengakui pihaknya bakal mengajukan usulan perekrutan tenaga calon abdi negara tahun depan. Tak tanggung-tanggung usulannya mencapai sekitar 1.400 kursi.

“Iya kami rencananya tahun depan akan mengusulkan formasi kebutuhan tenaga baru. Ini masih usulan, persetujuan tergantung pemerintah pusat,” katanya.

Sebanyak 1.400 formasi itu terdiri dari tenaga calon pegawai negeri atau CPNS dan tenaga atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Ribuan kebutuhan tenaga itu masih sebatas usulan. Nantinya pemerintah pusat bakal mempertimbangkan berapa kebutuhan yang disetujui.

“Mekanismenya memang begitu. Daerah diminta untuk mengusulkan selanjutnya akan dipertimbangkan,” katanya.

Nah, banyaknya usulan pegawai pertimbangannya karena hampir setiap tahun jumlah pegawai yang pensiun juga bamyak. Tahun ini saja jumlah pegawai yang pensiun sebanyak 700 lebih. “Solusinya ya mengusulkan tambahan tenaga baru. Selama ini begitu,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi di Kota Blitar. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar Suyoto juga bakal berencana mengajukan usulan tenaga baru. Hanya saja soal jumlah usulan, bakal ditelaah lebih lanjut. Selain itu, pihaknya juga menunggu lampu hijau dari pemerintah pusat. “Masih menunggu informasi lebih lanjut,” katanya.

Saat ini, lanjut Suyoto, pemkot Blitar masih konsentrasi dengan proses pemberkasan CPNS tahun 2019 yang baru saja kelar. Pemberkasan dilakukan dengan cara online. Ada setidaknya 197 dari total 198 peserta yang diharuskan pemberkasan. Satu formasi di antaranya dibiarkan kosong karena tidak ada peserta yang nilainya memenuhi passing grade.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu