Tahu Takwa Kediri Terkenal akan Cita Rasanya yang Khas

Kediri, koranmemo.com – Sejak lama Kota Kediri telah sangat identik dengan tahu takwa sehingga dikenal dengan sebutan ’Kota Tahu’. Tahu takwa Kota Kediri terkenal akan cita rasanya yang khas dengan tekstur yang padat dan kenyal.

Berdasarkan penelusuran sejarah, pada awal 1900-an terjadi migrasi besar-besaran warga Tionghoa dari dataran Tiongkok masuk ke Indonesia, termasuk wilayah Kediri. Salah seorang imigran yang bernama Lauw Soen Hok (dikenal dengan Bahkacung) mulai merintis usaha pembuatan tahu pada tahun 1912 setelah mendapati kesamaan karakteristik air di Kediri dengan air di tanah asalnya.

Seiring waktu, jumlah industri tahu di Kota Kediri berkembang semakin banyak dan terkonsentrasi di Kelurahan Jagalan, Pocanan, Pakelan, Tinalan dan Bawang. Merek-merek tahu takwa yang sudah dikenal luas antara lain Bahkacung, Sari Lezat POO, Mikimos, Panglima, Soponyono, LYM, LKK, LTT, Atim, Surya, MJS dan masih banyak lagi.

Sebagai langkah pengembangan diversifikasi produk, beberapa pemilik industri tahu dan pelaku usaha kuliner telah mengembangkan produk turunan seperti stik tahu dan keripik tahu yang ternyata mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan produk-produk turunan tahu tersebut kini dapat dengan mudah ditemui di kota-kota lain melalui pasar-pasar swalayan dan toko penyedia oleh-oleh. (adv)

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date