Tahapan Pilbup Kediri Mulai September Tahun Ini

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kabupaten Kediri menjadi salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan bupati (Pilbup) tahun 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat memastikan draft peraturan pelaksanaan tahapan Pilbup sudah dirancang, jika tidak ada perubahan maka tahapan akan dimulai pada September tahun ini.

“Draft peraturannya sudah jadi, September kemungkinan akan dimulai tahapan pendataan pemilih. Tanggalnya kapan belum ada kepastian tunggu sampai menjadi peraturan KPU,” kata Nanang Qosim Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Jumat (28/6).

Komisioner yang baru ditetapkan ini menambahkan, sesuai draft yang sudah selesai tersebut pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati akan dimulai bulan April 2020. Semua warga negara berhak mencalonkan diri dalam pilbup tersebut.

“Sesuai amanat undang – undang semua berhak mencalonkan dan dicalonkan. Tetapi sesuai dengan peraturan secara resmi pendaftaran akan dimulai bulan April. Semakin banyak warga yang mencalonkan diri dalam Pilkada nanti saya rasa bagus untuk demokrasi di Kabupaten Kediri,” terangnya.

Lebih lanjut, KPU Kabupaten Kediri saat ini sedang mempersiapkan untuk penetapan anggota legislatif terpilih periode 2019 – 2024. Qosim mengatakan, proses penetapan itu akan dimulai pada tanggal 1 Juli dengan sosialisasi kepada partai politik terkait potensi calon legislatif yang terpilih.

“Minggu depan akan kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu tentang potensi calon legislatif yang terpilih. Baru tanggal 4 Juli nanti akan kita adakan rapat pleno penetapan jumlah kursi DPRD Kabupaten Kediri dan anggota legislatif yang terpilih,” jelasnya.

Proses Pemilu serentak 2019, Kabupaten Kediri menjadi salah satu daerah partisipasi pemilih tertinggi di Jawa Timur. Tingkat pemilih mencapai 82 persen yang telah melebihi target yakni 77 persen. “Ini berkat rekan – rekan media yang ikut menyampaikan pesan – pesan kepada masyarakat untuk datang ke TPS dan juga para relawan demokrasi yang ikut aktif mensosialisasi Pemilu tahun ini,” katanya setelah perkenalan anggota komisoner KPU Kabupaten Kediri periode 2019-2024 kepada awak media.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date