Tabligh Akbar Lintas Ormas, Galang Dana Untuk Rohingya

Kediri, Koran Memo – Berbagai Ormas (Organisasi Massa) Islam yang ada di Kediri, Jumat (5/6) malam berkumpul di Masjid Al Irsyad Kota Kediri untuk menggelar tabligh akbar sekaligus menggalang dana bagi pengungsi Rohingya. Penggalangan dana dilakukan sebagai wujud kepedulian umat Islam terhadap sesamanya yang sedang mengalami kesusahan.

Tabligh Akbar sekaligus penggalangan dana bagi pengungsi Rohingya di Aceh oleh berbagai ormas Islam (kurniawan/memo)
Tabligh Akbar sekaligus penggalangan dana bagi pengungsi Rohingya di Aceh oleh berbagai ormas Islam (kurniawan/memo)

Ketua Panitia penyelenggara, Yusuf Budi Santoso saat ditemui Koran Memo mengatakan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya. Nantinya seluruh dana yang terkumpul dalam kegiatan tersebut akan segera diantar ke lokasi pengungsian di Aceh tanpa mengurangi satu rupiahpun. “Kali ini selain menggelar tabligh akbar, kita juga menggelar penggalangan dana bagi pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Aceh. Dana yang terkumpul segera akan kita antar dan tidak akan kita kurangi sedikitpun meski untuk biaya transportasi,” ujarnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Al Irsyad tersebut dimulai dengan pemutaran video tentang pengungsi Rohingya, mulai dari penyebab mereka datang ke Indonesia hingga suasana kehidupan mereka saat di pengungsian.

Sejak pukul 19.00 WIB, ratusan warga yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, seperti NU, Muhammadiyah, Ikatan Dai Kediri (Ikadi), Jamaah Lintas Masjid (Jalinmas), Hidayatullah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Al Irsyad Al Islamiyah, dan lain – lain berdatangan untuk mengikuti jalannya acara. Dengan baik, mereka menyimak setiap adegan video yang ditayangkan. Tidak hanya itu, suasana pengajian tabligh akbar bersama Ustadz Farhan bin Thalib yang merupakan alumni Universitas Islam Al Iman Yaman juga berjalan dengan hikmad.

Yusuf menambahkan, tujuan membantu sesama terutama saudara sesama muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Selain itu, Yusuf menegaskan, Allah pasti akan membalas segala bentuk kebaikan yang dilakukan seorang muslim berkali-kali lipat dari apa yang diberikan. “Barang siapa yang membantu mengurangi penderitaan sesamanya, insyaAllah Allah akan mengurangi penderitaan orang yang membatu tersebut,” imbuh Yusuf.(kur)