Swab di Mobil PCR RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Sejam Sudah Ada Hasil

Blitar, koranmemo.com – RSUD Ngudi Waluyo Wlingi membuktikan keseriusannya dalam menangani virus Covid-19. Rumah sakit milik Pemkab Blitar itu langsung siap untuk melayani tes cepat uji usap atau yang biasa disebut dengan test swab.

Hal itu diungkapkan langsung Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, dr Endah Woro Utami, MMRS. Menurutnya pasca ada mobil canggih itu pihaknya langsung menyiapkan sejumlah kebutuhan. Salah satunya yakni tenaga atau sumber daya manusia yang menangani.

“Karena dibutuhkan keahlian khusus kaitannya dengan tes swab di dalam mobil PCR,” kata dr Endah Woro Utami.

Dia mencontohkan seperti pada libur Tahun Baru 2021. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya ikut peran serta dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Mobil sudah siap jika sewaktu-waktu diperlukan untuk tes,” katanya.

Pihak rumah sakit, lanjutnya sudah menyiapkan soal reagen. Ada setidaknya 4 ribu lebih reagen khusus untuk mobil PCR. “Ketika ada permintaan dari dinas kesehatan atau tim Satgas Covid-19, bisa langsung bisa digunakan. Ada prosedurnya,” jelasnya.

Dokter ramah ini melanjutkan lagi, mobil PCR ada sejumlah kelengkapannya. Seperti mesin untuk tes sampel. Dan hanya butuh waktu satu jam, hasil tes bisa diketahui. Selain itu ada pula peralatan canggih lainnya yang bisa menunjang tes dengan cepat dan akurat. (Advrsudngudiwaluyo)

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor: Della Cahaya