Surat Suara Rusak Tetap Digunakan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Puluhan ribu surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Provinsi Jawa Timur yang rusak sedang akhirnya diperbolehkan untuk digunakan pada Pemilu 2019 nanti. Puluhan warga langsung dihadirkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri untuk segera menyelesaikan pelipatan tersebut.

KPU Kota Kediri kembali melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019, Senin (8/4). Bedanya, pelipatan itu dilakukan pada puluhan ribu surat suara dari DPRD Provinsi Jatim yang tersortir sehingga terbagi dalam berbagai kategori surat suara rusak. Mulai surat suara rusak ringan, sedang, hingga berat.

“Hari ini kita melakukan pelipatan surat suara DPRD Provinsi Jawa Timur dapil 8 di Kota Kediri yang kemarin ketika ada kerusakan kita pilah – pilah, ada yang sedang, ringan, dan ada yang berat. Kemarin, yang rusak ringan hasil konsultasi kita yang pertama diperbolehkan untuk dilipat, sementara yang sedang  dan berat itu belum boleh dilakukan pelipatan,” ujar Agus Rofiq Ketua KPU Kota Kediri.

Gus Rofiq menambahkan, logistik surat suara DPRD Provinsi Jatim telah diterima KPU Kota Kediri sejumlah 205.887 surat suara. Namun, hanya 65.091 saja yang dalam kondisi baik sisanya masuk kategori rusak.

“Rusak ringan, sedang, dan berat ini permasalahannya hampir sama, yaitu setelah surat suara dicetak kemungkinan belum kering sama percetakan langsung dilipat, yang terjadi ada sisa tinta yang terkena pada kolom lainnya. Ada yang bekas tintanya tidak kentara itu kita masukkan ke kategori rusak ringan, ada yang agak – agak kentara masuk kategori rusak sedang, dan ada yang cukup banyak jadi kita kategorikan rusak berat,” jelasnya.

Namun, setelah melakukan koordinasi lagi pada minggu lalu ke Birologistik KPU RI, Agus Rofiq menambahkan, surat suara yang masuk dalam kategori sedang itu diperbolehkan untuk digunakan. “Yang rusak sedang boleh dilipat dan dilakukan proses lanjutnya, sedangkan yang rusak berat ini yang harus diganti karena menutup pada kolom partai lainnya,” paparnya.

Setelah proses pelipatan itu, maka surat suara rusak sedang sejumlah 95.198 lembar dilipat dan bisa digunakan untuk pemilu 2019. Sedangkan, sebanyak 45.618 lembar rusak berat harus diganti. “Dalam waktu dekat akan dikirim penggantinya, kita sudah koordinasi dan saya yakin dalam waktu singkat ini bisa terselesaikan,” tandasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu