Sulap BBI Trenggalek Jadi Wisata Edukasi Perikanan

Trenggalek, Koranmemo.com – Balai Benih Ikan (BBI) di Jalan Brigjen Soetran milik Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek bakal menjadi tempat wisata edukasi perikanan hingga wahana terapi ikan, selain tempat pembibitan. Konsep ini tengah disusun dan ditargetkan terealisasi pada tahun mendatang. Pasalnya BBI Trenggalek sering kali menjadi jujukan tempat belajar mengenal alam siswa PAUD dan TK.

Kepala Dinas Perikanan Trenggalek, Cusi Kurniawati mengatakan, rencana itu sebagai wujud pengenalan kembali BBI kepada masyarakat selain fungsi pembibitan ikan. “Hanya membranding ulang saja, dari luar kelihatan sepi tapi di dalam aktivitasnya ada tiap hari. Selain ada edukasi, nanti rencana ada terapi ikan juga,” jelasnya.Pihaknya berencana menganggarkan Rp 20 juta untuk keperluan mempromosikan BBI sebagai wahana edukasi. Nantinya pihaknya bakal menyediakan pendamping khusus untuk pengenalan kepada pengunjung. “Sisanya kami ada anggaran operasional BBI itu sendiri. Kalau pegawainya sudah ada di sana (BBI),” jelasnya.

BBI adalah tempat pembenihan ikan tawar milik Pemkab Trenggalek. Sedikitnya ada lebih dari 50 kolam berbagai ukuran untuk tempat pembenihan diantaranya ikan lele, gurami, nila dan koi. Mayoritas ikan lele yang paling banyak dibenihkan, hampir 90 persen pembudidaya di Trenggalek adalah ikan lele. “Kemudian disusul gurami dan lainnya,” kata Cusi.

Untuk menyulap BBI agar lebih menarik pengunjung, pihaknya berencana menambah spot khusus, seperti tempat berswafoto. Dekorasi wajah BBI itu dilakukan agar tempat pembenihan ikan ini tak terkesan sepi aktivitas.

 “Dibuat menyenangkan, seperti misalnya spot foto selfie, terapi ikan, kemudian bisa juga nanti memberi makan ikan selain edukasi proses hulu hingga hilir,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date