Sudah Siapkan Antisipasi Stok Gula

Rencana Penutupan PG Meritjan

Kediri, koranmemo.com – Rencana penutupan PG Meritjan sampai juga di telinga jajaran pejabat Pemerintah Kota Kediri. Menanggapi hal ini, mereka mengaku terkejut atas rencana tersebut. Pasalnya, setahu mereka, selama ini PG Meritjan masih terus melakukan giling setiap tahunnya. “Ya bagaimana mau tahu, pihak PG selama ini tidak pernah memberikan laporan kepada Pemerintah Kota. Mereka hanya memberi laporan ke pimpinan pusatnya mereka, PTPN. Pemkot sama sekali tidak tahu menahu tentang PG,” ujar Dwi Rachman Santoso, Kepala Bidang Perdagangan Disperindagtamben (Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan energi Kota Kediri.

Dwi juga mengungkapkan, meskipun PG Meritjan berada di wilayah Kota Kediri, namun seolah-olah PG itu seperti bukan bagian dari kota ini. Contohnya saja, ketika ada operasi pasar di Kota Kediri saat Ramadhan lalu. Pemkot sama sekali tidak mengambil gula dari PG Meritjan. Alasannya, stok gula di sana tidak cukup karena juga harus memenuhi operasi pasar yang diadakan oleh pemerintah provinsi. “Padahal kami itu juga tidak minta. Kami mau membeli. Tetap tidak boleh. Akhirnya kami malah beli dari luar Kota Kediri,” kata Dwi.

Jika PG Meritjan benar ditutup, menurut Dwi, hal itu tentunya akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi konsumen gula di Kota Kediri. Bahkan harga gula diperkirakan bisa melambung lagi jika benar PG ditutup. “Seperti di ilmu ekonomi. Kalau stok barang berlimpah, maka harga akan turun. Demikian juga sebaliknya,” tuturnya.

Namun Dwi menambahkan, Pihak Disperindagtamben sudah antisipasi jika memang stok gulai di Kediri menurun akibat berhentinya PG Meritjan.” Seperti halnya pada waktu operasi pasar, terpaksa kami memakai gula dari daerah lain,” ujar Dwi. (dha)

 

Follow Untuk Berita Up to Date