Stund Up Paddle Indonesia Eksplorasi Pantai Sekitar Teluk Prigi

Trenggalek, koranmemo.com – Puluhan peserta dari berbagai daerah mengeksplorasi pantai di Trenggalek dengan menaiki paddle board. Rutenya sejauh 10 kilometer di pantai kawasan Teluk Prigi mulai Karanggongso, Bangkongan, Prigi, Cengkrong, Damas hingga Pantai Mutiara. Dalam kegiatan stand up paddle Indonesia goes to Trenggalek sekaligus dilakukan penanaman terumbu karang di Pantai Mutiara.

Founder Stand Up Paddle Indonesia, Hariyanto mengaku kagum dengan keindahan pantai di Trenggalek. Meskipun di wilayah selatan, Teluk Prigi memungkinkan untuk dijelajahi dengan paddle board karena ombaknya tenang. “Terus terang (kami) yang main ke Pantai Jawa belum banyak. Tapi karena ombaknya cukup flat (datar), jadi (masih) aman,” kata dia.

Selain diikuti sebanyak 51 peserta dari Malang, Bandung, Bali, Sumba, Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Kegiatan itu juga dihadiri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin beserta Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto. “Amazing,” ujarnya sembari menjabarkan nilai plus yang dimiliki Teluk Prigi seusai bermain paddling bersama Mas Ipin dan peserta.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyebut, eksplorasi pantai dengan paddle boarding dan konservasi terumbu karang ini dilakukan untuk mendukung terwujudnya eco-wisata. Selain itu kegiatan ini juga dapat diartikan wujud mengasuransikan diri bagi para pemandu wisata di Trenggalek. “Banyak spot wisata menantang dan minat khusus, keselamatan penting,” ujarnya.

Selain berbagai wahana pantai, wisata minat khusus yang dimaksud diantaranya adalah rock climbing dan via ferrata di Tebing Spikul di Kecamatan Watulimo dan Paralayang di Bukit Tunggangan Kecamatan Durenan. Untuk diketahui, selain eksplorasi dengan cara touring juga diselenggarakan lomba balap stand up paddle. Rangkaian kegiatan itu berlangsung pada 7 dan 8 September.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date