Stok Darah Aman Hingga Lebaran

Kediri, Memo – Meski jumlah pendonor pada bulan Ramadan menurun, PMI Cabang Kota Kediri memastikan persediaan darah masih tetap aman hingga lebaran mendatang. Pihak PMI terus melakukan upaya agar persediaan darah tetap terjaga hingga hari raya selesai.

Petugas PMI Cabang Kediri memeriksa persediaan darah yang ada di Kantor PMI (amid/memo)
Petugas PMI Cabang Kediri memeriksa persediaan darah yang ada di Kantor PMI (amid/memo)

Kepala Unit Tranfusi Darah Kota Kediri, Dr Ira Widiastuti melalui stafnya Fatra mengungkapkan saat ini jumlah persediaan darah di PMI Cabang Kota Kediri masih mencukupi kebutuhan. Mereka memastikan persedian tersebut akan tetap mencukupi permintaan hingga hari raya nanti.

Fatra mengungkapkan untuk persediaan darah golongan A masih terdapat 197 kantung. Sementara untuk golongan darah B terdapat 178 kantung, dan golongan darah O terdapat 333 kantung. Sedangkan persediaan golongan darah AB terdapat 30 kantung.

Dari jenis golongan yang ada, Fatra mengungkapkan, golongan darah AB menjadi golongan darah dengan stok terkecil. Namun demikian pihaknnya mengaku telah melakukan sharing dengan PMI Cabang Kota Kediri untuk mencukupi kebutuhan darah tersebut.

Fatra menungkapkan pada pada bulan Ramadan jumlah pendonor dari masyarakat menurun hingga 70 persen sehingga  stok darah mengalami penurunan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk mengatasi hal itu PMI Kota Kediri terus melakukan upaya untuk menjamin ketersediaan darah aman hingga pasca lebaran. Salah satu diantaranya dengan mengajak masyarakat berdonor darah menggunakan mobil keliling dan melakukan kerja sama dengan PMI pusat untuk pasokan darah. (ram)