Soto Bok Ijo Tamanan, Dipadati Pemudik

Kediri, koranmemo.com Dari sekian banyak wisata kuliner yang ada di Kota Kediri, salah satunya yang dikenal luas oleh masyarakat adalah Soto Bok Ijo kelurahan Tamanan Kota Kediri. Soto yang melegenda  dikenal sejak tahun 1969 ini, lebih akrab disapa Soto Bok ijo.

Pengambilan nama Soto Bok ijo, dilatar belakangi karena sebelumnya para pedagangnya biasa mangkal di sekitar jembatan ijo di kelurahan Tamanan. Seiring perkembangan jaman, keberadaan soto legendaris ini kemudian dipindah ditempatkan dipertigaan samping Terminal Baru Kota Kediri namun sebagian juga ada di dalam terminal.

Pada edisi Lebaran seperti saat ini, banyak ditemui kendaraan roda empat mau pun roda dua asal luar daerah yang terparkir di sana. Diketahui pada umumnya mereka adalah pemudik,yang akan menempuh perjalanan balik ke daerah asal tempat kerjanya.

Sebelum balik, para pemudik ini ingin mencicipi masakan soto yang dikenal khas dengan santanya.Untuk dapat mencicipi makanan soto Bok Ijo Tamanan atau lebnih akrab dengan sebutan Soto Tamanan, para pecinta kuliner tak perlu repot-repot untuk merogoh kocek banyak. Hanya cukup 6500 rupiah, anda sudah bisa mencicipinya.

Seorang pemudik asal Waru Sidoarjo Ridwan misalnya. Ia datang bersama anak dan isterinya untuk bersilahturahmi di Kediri. Sebelum balik ke Sidoarjo, ia ajak keluarganya tersebut untuk mencicipi soto bok ijo Tamanan. Pria yang dulunya pernah mengenyam bangku sekolah  di Kediri ini menambahkan, cita rasa Soto Bok Ijo memiliki rasa khas yang beda dengan soto pada umumnya. “Rasanya beda mas, terutama ada rasa satanya. Disamping itu, juga ada ayam bakarnya,” terangnya.

Reporter: Abdhur Rosyid

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.