Sosialisasi Program Bansos Pangan

Lumajang, koranmemo.com-Asisten Pemerintahan Sekda Kab. Lumajang, Susiyanto, S.H., membuka Sosialisasi Program Rastra/Bansos pangan (bansos rastra BPNT) tahun 2018 di Ruang Narariya Kirana Lantai 3 Kantor Bupati Lumajang, Kamis (15/3/2018).

Acara sosialisasi Program Rastra kali ini diikuti oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari Camat, Kepala Desa dan unsur pelaksana program rastra 2018.

Susiyanto,S.H. menyampaikan sosialisasi terkait rastra sangat penting dilakukan untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan program rastra tahun 2018. Tujuan utama dari program rastra ini guna mengurangi beban pengeluaran rumah tangga yang menjadi sasaran program melalui pemberian bantuan beras.

Ia berharap seluruh tim pelaksana Program Rastra harus selalu melakukan koordinasi untuk memaksimalkan program. Ia juga mengapresiasi pelaksanaan Rastra tahun 2017, “Pelaksanaannya cukup membanggakan, atas nama Pemkab Lumajang saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama tim pelaksana sehingga tahun 2017 selesai 100%,” ujarnya.

Di tahun 2018, Rastra akan dilaksanakan dengan kebijakan yang baru, yaitu, bantuan beras dan bantuan beras non tunai. Seluruh penerima akan ditentukan oleh Pemerintah Pusat.

Rencana program Rastra 2018 akan dibagikan sejumlah 10 kg besar rastra tanpa biaya, sedangkan bantuan nontunai berupa voucher 110rb yang bisa dibelanjakan di E-warung di masing-masing desa.

Asisten berharap pelaksanaan program rastra di tahun 2018 tepat sasaran dan bisa terlaksnana sesuai arahan dan petunjuk pelaksana.

Kepala Bagian Adminstrasi ESDA dan Perekonomian Setda Kabupaten Lumajang, Agus Setiawan, SP. M.Si., melaporkan tujuan sosialisasi memberikan informasi dan pemahaman kepada pemangku kepentingan dan pelaksana raskin guna meningkatkan efektifiras agar terlaksana dengan baik. Pemateri dalam sosialisasi tersebut adalah Asisten Perbang, Perum Bulog dan Polres Lumajang.

Reporter :Abd Halim,Sp

Editor; Achmad Saichu