Sosialisasi Kewirausahaan, Tumbuhkan Pelaku UKM Berdaya Saing

Share this :

Blitar, Koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi kewiraushaan. Sosialisasi ini diberikan kepada peserta yang juga alumni pelatihan kerja yang dananya berasal dar Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau atau DBHCHT.

Sosialisasi sendiri dipusatkan di Hotel Ilhami di Jatilengger, Kecamatan Srengat, Kamis (28/11). Pesertanya sebanyak 140 yang notabene berasal dari pelaku usaha kecil menengah atau UKM. Para peserta terbagi dalam tujuh kelompok. Terbagi atas pelatihan untuk pembuatan kue dan pelatihan tata boga.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar Haris Susianto mengatakan, sosialisasi itu merupakan rangkaian. Di mana sebelumnya peserta mendapatkan pelatihan dan sudah kelar. Sebagai tindak lanjutnya mendatangkan narasumber dan motivator. Utamanya untuk mendongkrak semangat sekaligus mendapat ilmu tentang pemasaran online. “Ini merupakan tindaklanjut. Dengan harapan ilmu yang sudah didapat bisa berguna. Jadi dimotivasi selanjutnya diberi ilmu pemasaran,” kata Haris Susianto.

Ada makna di balik sosialisasi yang digelar pukul 09.00 itu. Harapanya peserta mendapatkan ilmu lebih. Dan nantinya bisa diterapkan di masyarakat. Dan yang lebih penting lagi bisa menekan angka pengangguran. Dan kalau bisa bisa menciptakan lapangan usaha atau kerja baru.

“Peserta harapannya bisa menyerap dengan seksama. Peserta harus memahami soal manajemen dengan baik. Semoga pelatihan ini bisa menjadi titik awal untuk menjadi wirausahawan sukses,” jelasnya lagi.

Bukan hanya materi, dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan alat kerja. Utamanya kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan. Harapannya alat usaha itu juga bisa mendongkrak pendapatan keluarga nantinya. “Peralatan tidak boleh dipindahtangankan, harus dipergunakan, tidak boleh disimpan saja, karena sewaktu-waktu ada monitoring. “Program sosialisasi atau pelatihan kerja ini bersumber dari DBHCHT dan rutin digelar setiap tahun,” katanya.

Ana Rosida, motivator dari Enggal Jaya mengajak tidak ragu memulai usaha. “Kunci untuk sukses itu resepnya kalau diurut itu yakni niat dulu, yakin, percaya diri, tetap semangat,” jelasnya. Sementara pemateri lain adalah Zainal Arifin, pakar pemasaran online dari Kota Batu. Dalam paparanya menjelaskan Online Marketing adalah upaya pemasaran produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau internet. Harus ada strategi. Pemasaran bisa dilakukan dengan cara konvensional bisa juga dengan online seperti yang saat ini lagi booming. Seperti melalui medsos dan lain sebagainya. (advertorial dinas komunikasi dan informatika kabupaten blitar)

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu