Skema TA 2020/2021 di Kota Kediri, Shift Hingga Pembagian Rombel

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Meskipun pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) masih dilakukan melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online, namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri mulai mengatur skema KBM tahun ajaran 2020/2021. Skema ini untuk mengatur proses KBM secara langsung atau tatap muka.

Menurut Kepala Disdik Kota Kediri, Siswanto, saat ini kondisi persebaran Covid-19 di Kota Kediri masih cukup rawan. Dengan demikian, pelaksanaan KBM secara tatap muka perlu persiapan yang matang, tidak hanya bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, namun sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Apabila kondisi Kota Kediri kembali ke zona hijau, maka kemungkinan yang akan dilaksanakan yaitu KBM secara tatap muka dengan pembagian rombel. “Tidak cukup pelaksanaan KBM dengan tahapan atau sift, tapi juga membagi peserta didik di setiap rombel, mulai jenjang PAUD sampai SMP sederajat,” ujarnya, Kamis (16/7).

Siswanto menjelaskan, apabila pada jenjang SMP dalam satu angkatan dan rombel kelas ada 28 siswa, maka akan dibagi menjadi dua rombel. “Jadi ada 28 siswa yang nantinya akan dibagi menjadi 2, satu rombel ada 14. Begitu pula di tingkat SD, penerapannya juga sama. Kami juga akan mengevaluasi jika benar-benar sudah terlaksana,” jelasnya.

Untuk sementara ini, kata Siswanto, sebelum Kota Kediri kembali ke zona hijau, segala aktivitas belajar mengajar dilakukan melalui sistem dalam jaringan (daring). Dalam Rapat Dinas sebelumnya, sesuai instruksi Walikota Kediri, pada tahun ajaran 2020/2021, sekolah belum diperbolehkan mengadakan pertemuan maupun KBM secara langsung (tatap muka).

Sebelumnya, Disdik Kota Kediri membuat beberapa skema KBM. Skema pertama yang akan diterapkan bagi siswa jenjang SMP, yaitu pada September mendatang mulai diberlakukan KBM di sekolah. Mengenai mekanismenya, satu hari hanya diperbolehkan satu angkatan yang belajar di sekolah. Misalnya untuk siswa kelas VII masuk pada hari pertama, hari kedua kelas VIII, dan hari ketiga kelas IX.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya