Sita Sabu Rp 400 Miliar

Dikemas dalam Bungkus Kentang Goreng

Polisi juga Menyita Senjata Api

 

Surabaya, koranmemo.com – Kepolisian Daerah Jawa Timur menyita narkoba jenis sabu-sabu seberat 20 kilogram senilai Rp 400 miliar. Sabu-sabu yang dimasukkan dalam kantong kemasan makanan ringan itu disita dari Yono (41) yang sedang menginap di Hotel Fave Jalan Tegal Sari Surabaya.

“Setelah dilakukan penggerebekan dan pengembangan polisi kemudian dikembangkan ke daerah Cijantung, Jakarta, dan Cilodong, Depok, Jawa Barat lalu didapat 2 kilogram lagi,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Mahfud Arifin, Jumat (3/2).

Dalam pengembangan kasus itu, polisi mengamankan 17 kilogram narkotika jenis sabu-sabu yang disimpan di gudang  dengan tersangka bernama FIan. Selain itu polisi juga mengamankan beberapa tersangka selaku pembantu bandar termasuk para kurirnya. “Sehingga total narkotika sabu-sabu yang disita sebanyak 20 kilogram. Sebagian besar sabu-sabu tersebut dimasukkan dalam bungkus snack kentang goreng,” timpalnya.

Peredaran sabu-sabu tersebut dikendalikan oleh bandar dari lapas dan minta bantuan orang lapas lalu disebarkan melalui para kurirnya. “Narkotika berjenis sabu-sabu tersebut sebanyak 20 kilogram tersebut nilainya Rp400 miliar dan mampu merusak orang sekitar satu kabupaten,” ujar Kapolda.

Selain sabu-sabu polisi juga mengamankan barang bukti berupa senjata api lengkap dengan pelurunya dan dua jeriken cairan yang diduga untuk membuat sabu-sabu. “Akibat perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 12 ayat 2 tentang peredaran narkoba dengan ancaman hukuman seumur hidup atau pidana 20 tahun penjara,” tandas Kapolda.

Reporter : Totok Prastio

Editor : Vrian Triwidodo

 

Follow Untuk Berita Up to Date