Sistem Sanitasi Menunjukkan Kota Sehat dan Bersih

Share this :

Kediri, Koranmemo.com – Sistem sanitasi sebuah perkotaan merupakan aspek penting karena menunjukkan perilaku atau kebudayaan kebersihan dan kesejahteraan masyarakat di daerah. Karena itu Pemerintah Kota Kediri, melalui Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan (Barenlitbang) mengadakan Konsultasi Publik Review Dokumen Strategi Sanitasi Kota di Ruang Joyoboyo Balai Pemerintah Kota Kediri, Rabu (22/1).

Kepala Barenlitbang Kota Kediri, Edi Darmasto menjelaskan, sanitasi merupakan pembudayaan hidup bersih yang menjauhkan masyarakat dari kebiasaan bersentuhan langsung dengan limbah atau bahan buangan lain. Upaya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan manusia.Agar sanitasi ini bisa tercapai, menurut Edi perlu adanya kesadaran dari berbagai lapisan. Bukan hanya dari pemerintah saja yang membuat fasilitas, tetapi kesadaran masyarakat mengenai kebersihan juga harus diciptakan.

“Keberhasilan pembangunan sanitasi hanya dapat terwujud apabila Pemerintah Kota, seluruh elemen masyarakat dan pihak swasta baik dunia usaha maupun akademisi dapat bersinergi dan berperan aktif melaksanakan pembangunan sanitasi sesuai dengan perannya,” katanya.

Dalam acara itu perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berwenang dalam teknis sanitasi serta beberapa elemen masyarakat diundang. Setiap kelurahan dan elemen masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi secara masif kepada masyarakat mengenai pentingnya mengelola limbah domestik rumah tangga, mengembalikan fungsi drainase kota serta melakukan pengolahan, pengurangan, dan pemilahan sampah.

Narasumber didatangkan dari PT. Skema Konsultan Indonesia dan Direktur AKSANSI Pusat untuk memberikan materi mengenai sanitasi. Dalam materi tersebut dijelaskan, keberhasilan pembangunan sanitasi umum ini hanya dapat terwujud apabila pemerintah, seluruh elemen masyarakat dan pihak swasta baik dunia usaha maupun akademisi dapat bersinergi dan berperan aktif. Beberapa element ini juga diharapkan bisa melaksanakan pembangunan sanitasi sesuai dengan perannya, serta tidak mengakibatkan munculnya limbah domestik.(adv)

Reporeter : Dhita Septiadarma

Editor Achmad Saichu