Sinkronkan Berkas dan SPJ Dana BPOPP

Kediri, koranmemo.com — Puluhan bendahara jenjang sekolah menengah atas (SMA) swasta sederajat Kota dan Kabupaten Kediri melakukan sinkronisasi laporan berkas dan surat pertanggungjawaban (SPJ) dana Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) di Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Kamis (21/11).

Dalam hal ini, Cabdindik memberikan pengarahan serta pemeriksaan pelaporan berkas penggunaan dana BPOPP. Karena, sekolah wajib memberikan laporan sesuai dengan penggunaan dana, baik dalam bentuk berkas maupun mengisi aplikasi pelaporan penggunaan dana.

“Kesuaian ini yang harus diperhatikan, jangan sampai ada beda nominal atau nama berang tidak sesuai dengan pengadaan,” jelas Kepala Cabdindik Provinsi Jatim wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Sumiarso.

Perlu diketahui, dana BPOPP diberikan kepada sekolah melalui program pendidikan gratis dan berkualitas (TisTas) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Saat ini, SMA sederajat sudah menerima dana BPOPP untuk triwulan ketiga, Cabdindik berharap pada triwulan keempat dapat dicairkan pada akhir November ini.

Untuk itu, Cabdindik mengimbau kepada bendahara untuk mempercepat serta memperhatikan kesesuaian pelaporan yang diberikan. Kesesuaian ini seperti penggunaan dana harus sesuai nominal dana yang digunakan dengan pengadaan barang, serta harus memperhatikan petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana BPOPP.

Cabdindik merencanakan melakukan pengarahan dan pemeriksaan laporan (SPJ) kepada bendahara sekolah sampai Selasa (26/11) nanti. Mengingat, BPOPP adalah program dan produk baru dari Pemprov Jatim sehingga bendahara perlu mempelajari kembali aturan dan juknis penggunaan BPOPP.

Selain itu, sumber dana juga berbeda, karena sementara ini sekolah mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sedangkan BPOPP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jatim.

Cabdindik juga berharap, penyaluran dana BPOPP triwulan pertama tahun 2020 bisa disalurkan pada Februari. Dengan sinkronisasi ini, penggunaan dana BPOPP diharapkan tepat sasaran. “Saat ini hampir semua melalui online, harapannya segala transaksi yang dilakukan juga dapat transparan,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date