Sinkronisasi Prioritas Pembangunan Pemerintah Pusat – Daerah

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidhayat, mengumpulkan para pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Nganjuk, Senin (9/3) di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk. Langkah tersebut dilakukan guna melakukan Sinkronisasi Prioritas Pembangunan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk, yang mana Agenda Besar Nasional “Cipta Lapangan Kerja” disinkronkan dengan “Tri Cita Bhakti” untuk membangun Nganjuk.

Mulai Lurah, Camat, hingga Kepala OPD mendapatkan pengarahan dari Bupati muda yang akrab disapa Mas Novi tersebut. Disebutkan, ada lima prioritas pembangunan nasional, yakni Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi ekonomi.

“Kelima prioritas ini disinkronisasi dengan Tri Cita Bhakti dalam membangun Nganjuk. Yakni Pembangunan Infrastruktur, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas, dan Kemandirian Ekonomi,” jelasnya.

Mas Novi mengungkapkan, pembangunan infrastruktur sendiri di Kabupaten Nganjuk sudah berjalan, meliputi pembangunan/perbaikan jalan di seluruh penjuru Kabupaten Nganjuk. Sedangkan yang masih dalam proses antara lain pembangunan Gerbang Tol Nganjuk, Selingkar Wilis Selatan, dan Bendungan Semantok.

“Tujuan pembangunan infrastruktur guna mempercepat kemajuan daerah, meningkatkan perekonomian, meningkatkan kesehatan dan pendidikan,” paparnya.

Sedangkan dalam pembangunan SDM Unggul dan Berkualitas, Bupati Novi menekankan prioritas ada di bidang Pendidikan dan Kesehatan, menekan angka stunting, wajib belajar 12 tahun, Kartu Nganjuk Cerdas, dan Pembekalan dan ketrampilan dan bekerjasama dengan Bukalapak. Sedangkan untuk kemandirian ekonomi Bupati berfokus pada penyederhanaan proses perizinan usaha. “Saya harap maksimal proses hanya 14 hari kerja,” tandasnya.

Selain itu juga perizinan yang satu pintu melalui Mal Pelayanan Publik (MPP), atau pengurusan perizinan melalui aplikasi. Dan mempermudah masyarakat untuk melapor melalui aplikasi Command Center. (adv/humas pemkab)

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu