Sidak Gabungan POM, Temukan Makanan Tak Berlabel

Share this :

Kediri, koranmemo.comInspeksi mendadak (sidak) gabungan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM),  Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri , serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Konsumen Wilayah Kediri menemukan beberapa produk yang dipasarkan tidak sesuai ketentuan di hypermart dan Transmart, di Kota Kediri, Selasa (21/5). Temuan ini langsung ditindaklanjuti dengan pemushanan dan penarikan barang dari pasar.

Kepala Loka POM Kabupaten Kediri, Joni Edrus Setiawan mengatakan dalam upaya perlindungan konsumen kemarin menemukan beberapa makanan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Seperti halnya adalah makanan yang tidak memiliki label atau keterangan, koposisi makanan dan kedaluwarsa makanan.“Temuan dari pemeriksaan ini yang pertama adalah sosis curah yang pelabelannya tidak pas pada tempatnya dan kedaluwarsanya tidak dicamtumkan. Kedua ada otak-otak yang sama sekali identitasnya apa. Jadi konsumen tidak mengetahui ini barangnya apa kualitasnya bagaimana. Dan itu melanggar perlindungan konsumen,” tandasnya.

Selain kedua temuan tersebut, Joni menyebut produk-produk beku seperti nugget, sosis, daging giling, dan lain-lain seharusnya didaftarkan diizin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlebih dahulu. Karena belum terdaftarnya beberapa makanan tersebut maka Loka POM menyarankan untuk menarik produk tersebut dari pasar.

“Produk-produk frozen mestinya harus registrasi MD (nomor lokasi produksi barang). Karena ini masih dalam pembinaan, untuk produk yang tidak ada label kami minta untuk dimusnahkan. Sementara produk yang hanya memiliki P-IRT (izin skala kecil) kami perintahkan untuk dikembalikan ke supplier,” sambungnya.

Mengenai adanya temuan ini, dianjurkan pada konsumen untuk meneliti barang yang akan dibeli. “Kami punya slogan KLIK, meliputi K pertama Kemasan apakah layak, melembung atau tidak. Lalu L, Label ada keterangan komposisi dan nomor produksi. Selanjutnyam I, Izin  edar, kami memiliki aplikasi untuk melihat nomor MD, tapi untuk P-IRT masih belum. Terakhir K, Kedaluwarsa apakah barang ini kualitasnya baik atau tidak,” tutupnya.(Adv)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor Achamd Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date