Siapkan TPS Bergerak, Napi Hingga Difabel Bisa Salurkan Hak Pilih

Jombang, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang bakal menyiapkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) bergerak alias TPS mobile dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang 2018. Ini untuk memfasilitasi narapidana (napi), orang sakit hingga penyandang disabilitas alias difabel agar tetap bisa menyalurkan hak pilih pada 27 Juni mendatang. Hanya saja ada ada beberapa ketentuan yang harus diikuti.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam Pilgub (Pemilihan Gubernur), Pilbup (Pemilihan Bupati) dan Pilwali (Pemilihan Walikota) Pasal 24 ayat (3) tentang daftar pemilih pindahan menyebutkan, ada beberapa pengecualian bagi warga yang tidak dapat melakukan pemilihan.

Diantaranya, sedang menjalani rawat inap di rumah sakit, penyandang disabilitas yang berada di panti asuhan, sedang menjalani rehabilitasi narkoba, sedang menjalani tahanan di lapas dan atau sedang tertimpa bencana di tempat pengungsian. ”Nanti memang disiapkan (TPS mobile),’’ kata Abdul Wadud Burhan Abadi, Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Data, Senin (20/11).

Pria yang biasa disapa Burhan tersebut menambahkan, dengan adanya TPS mobile, seluruh lapisan masyarakat mulai yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga yang belum ter-cover dapat menyalurkan hak pilihnya nanti. “Ini juga salah satu upaya untuk menekan angka golput,” ujarnya.

Kendati begitu, Burhan menyatakan ada beberapa ketentuan yang harus diikuti. Utamanya adalah mereka sudah memiliki KTP elektronik (KTP-el) atau setidaknya sudah terekam di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kabupaten Jombang. “Meskipun belum memiliki KTP-el asal sudah terekam nanti bisa ikut memilih,” tandasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.